Kamis, 09 Juli 2015

Gan Ying Pian Bgn 54 Cerita




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 54 ~ Cerita


shòu
ēn
gǎn






Cerita :
Pada masa Dinasti Tang terdapat dua sahabat baik yakni Shi Wu-wei dan Zhang Cong-zhen. Keluarga Shi Wu-wei amat miskin, Zhang Cong-zhen selalu membantunya, sehingga keluarganya tidak kekurangan sandang dan pangan, bahkan memberinya modal usaha.

Beberapa tahun kemudian, Shi Wu-wei menjadi kaya raya, sedangkan rumah Zhang Cong-zhen dilalap si jago merah, seluruh harta benda terbakar tak bersisa. Zhang Cong-zhen tidak punya jalan lain, lalu mengunjungi Shi Wu-wei memohon bantuan, tetapi Shi Wu-wei malah lupa budi, tidak mempedulikan Zhang Cong-zhen.

Saat itu Zhang Cong-zhen amat tertekan dan pilu hatinya, menatapi Langit dan menjerit dalam kepasrahan dan ketidakberdayaannya. Tiba-tiba di angkasa muncul awan gelap, petir dan kilat saling menyambar. Setelah Shi Wu-wei disambar petir ternyata menjadi seekor kerbau, bahkan di perut kerbau tersebut terdapat beberapa aksara berwarna merah : “Shi Wu-wei yang tidak tahu balas budi”. Sepuluh hari kemudian kerbau ini mati.



集福消災之道
(五十四)


受恩不感。



故事:

唐朝的史無畏和張從真,兩個人是好朋友,史無畏的家裡十分的貧窮,張從真就經常的接濟他、幫助他,使他的家人衣食無缺,並且拿錢給他去做生意;不到幾年,史無畏就發了財。而張從真家中失火,家產全被大火燒光了。張從真走頭無路,就去拜訪請求史無畏幫忙;而史無畏竟然忘恩負義,不理會張從真;張從真這時候真是感慨萬千,只有徒然的對天欷歔嘆息無奈而已。這時候,忽然之間,天空起了烏雲,雷電交加,史無畏被雷打到之後,竟然變成了一頭牛;並且這頭牛的肚子上,還現出了幾個大紅字:「負心史無畏。」過了十天,這條牛也就死了。

【再析】

俗話說:「畜牲尚且知道要報恩啊!」例如馬垂韁,犬展草,小蛇為了報答隨侯的救命之恩,銜了兩顆寶珠送給隋侯;而黃雀則銜著玉環,報答楊寶的救命之恩;動物尚且如此懂得知恩報恩,人為什麼竟然敢違背了道德天理,難道不怕像史無畏那樣變成牛嗎?

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)