Selasa, 02 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 37 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 37 ~ Cerita

huò
fēi
ér
dòng

bèi
ér
xíng




Cerita :
Suo Jing-xu merupakan insan yang suka belajar dan mengejar kemajuan, pejabat daerah setempat amat mengkagumi pendidikan dan karakter moralnya, sering menulis surat untuk mengundang Suo Jing-xu berkunjung ke kantor pemerintah, namun selalu ditolak olehnya.

Pada waktu itu gubernurnya bernama Yin Tan, pernah berkunjung ke rumah Suo Jing-xu dan bercengkerama dengannya. Karena larut dalam pembicaraan sampai melupakan waktu pulang ke rumah.

Setelah menyelesaikan pembahasannya dengan Suo Jing-xu, Gubernur Yin Tan berkata : “Kekayaan yang dianggap oleh sebagian besar pandangan duniawi sebenarnya bukanlah kekayaan batiniah! Maka itu sepasang mata berusaha mengejar ke arah luar melihat rupa yang bagus, telinga terlena dalam irama yang membuai; sementara  Tuan Suo memiliki pemikiran yang terbalik dengan pandangan duniawi ini; orang awam suka mengejar kenikmatan hidup seorang pejabat, hanyut dalam ketenaran yang penuh duri-duri tajam; sementara Tuan Suo sendiri meskipun hidup dalam dunia yang hiruk pikuk, namun hatinya berdiam dalam moralitas dan nurani! Bagaimana mungkin kondisi luar dan kesusahan dapat menggoyahkan hatinya? Patut diketahui bahwa pemahaman Tuan Suo terhadap moralitas dan hati nurani, sangat mendalam dan jelas, maka itu dengan sendirinya karakternya dapat mempertahankan moralitas dan menuruti hati nuraninya”.  






集福消災之道
(三十七)


茍或非義而動,背理而行。


故事:

索靖虛為人非常的好學上進,他所居住地方的州郡長官,對他的學問品德,非常的仰慕,經常的致函,邀請索靖虛到官府赴宴;但是索靖虛都沒有接受。當時的太守名叫陰澹,曾經親自到索靖虛的家中拜訪,與他相談甚歡,竟然忘記了回家的時間。太守陰澹在與索靖虛談話之後,感歎的說道:「一般世俗觀念,所認為的富貴,並不是本性中的富貴啊!所以眼睛就喜歡拼命的向外看好的顏色,耳朵喜歡沈溺在音聲之中;而索先生卻和世俗的觀念正好相反;俗人喜歡追逐感官的享受,沈迷在聲光的刺激之中;而索先生的身體,雖然居住在這個塵世之間;但是他的心,卻是棲息安住在道義和天理之上啊!怎麼會因為外在的境界和遭遇而動了他的心呢?要知道索先生對於道義和天理,認識的非常深入清楚,所以他的為人處世,就能夠自然而然的守住道義和依循天理了。」

【結語】

現在人之所以會敢違反道義動惡念,違背天理做壞事;就是因為對於道義和天理的認識和體會不夠清楚啊!為什麼不向索靖虛先生學習學習呢?

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)