Senin, 30 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 23 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 23 ~ Penjelasan


kūn
chóng
cǎo

yóu
shāng





Penjelasan :
Meskipun hanya serangga yang kecil maupun rumput atau pohon yang tidak mempunyai perasaan (yang tidak bisa merasakan), juga tidak boleh dilukai!


Analisa :
Di sini dikatakan bahwa makhluk hidup yang sekecil serangga dan bunga, rumput, pohon juga tidak boleh dilukai, jadi bentuk kehidupan yang lebih berat dan besar, tidak perlu dijelaskan lagi. Orang masa kini sembarangan membunuh makhluk hidup, tidak mengetahui bahwa setiap makhluk hidup memiliki Jiwa KeBuddhaan!

Ajaran Konfusius mengatakan bahwa pohon saat tumbuh berkembang tidak boleh dipatahkan, mana boleh mengatakan bahwa serangga hanyalah makhluk hidup yang kecil dan halus, rumput yang tidak memiliki perasaan, maka boleh sesuka hati melukai mereka!

Di dalam kata pendahuluan Yuanjie jing (Sutra Penerangan Sempurna) tercantum bahwa setiap makhluk yang mempunyai darah, pasti memiliki perasaan (bisa merasakan); setiap yang bisa merasakan, pasti adalah satu!

Juga di dalam perumpamaan kisah seorang Bhiksu yang berceramah pada sebuah batu, setelah mendengarnya batu tersebut menganggukkan kepala! Juga seperti perumpamaan kisah Tian Zhen tiga bersaudara dengan Pohon Zi Jing yang ditanam di halaman rumah mereka, pohon tersebut setelah mendengar tiga bersaudara hendak membagi harta warisan, hingga Pohon Zi Jing juga hendak dibelah jadi tiga bagian, pohon tersebut segera jadi layu dan mati; oleh karena itu menggugah Tian Zhen tiga bersaudara, membatalkan niat mereka untuk membagi harta warisan, setelah Pohon Zi Jing mendengarnya, segera bangkit dan hidup kembali, maka itu mana boleh mengatakan bahwa rumput dan pohon tidak bisa mengetahui?  

Tujuan nasehat Dewa Tai Shang di sini adalah supaya manusia memperlakukan semua makhluk, baik makhluk hidup maupun benda mati, juga harus memiliki hati maitri karuna.  
     
 





集福消災之道
(二十三)

昆蟲草木,猶不可傷。

【解釋】

雖然是細小的昆蟲,無情的草木,也不可以傷害啊!

【分析】

這裡講到連微細的小昆蟲,和花草樹木都不可以傷害,那麼其他較重而且大的生命,就更不必說了。現在人任意的傷害物命,實在是因為不知道一切會動的、有靈性的有情生命,都具有佛性啊!儒家也有「樹木正在成長的時候,不可以折斷」的訓示,怎麼可以說昆蟲只是微小的生物,草木沒有知覺,就任意的傷害它們啊!

圓覺經的序文裡面說道:「凡是有血氣的,必定會有知覺;凡是有知覺的,必定同是一體的啊!」楞嚴經也說:「如來經常說道,宇宙森羅萬象的形成,都是我們的心所變現出來的;一切世出世間的因果,乃至世界的微塵,都是因為這個真心所造成的結果;其中甚至是一根草、一片葉、一絲縷、一個結,追究他的根元,其實都是有體性的啊!」

又例如生公為石頭說法,石頭聽了都點頭啊!所以牆壁瓦礫,怎麼可以說他們沒有法性呢?又例如田真兄弟家堂前種的紫荊樹,聽到了田真兄弟三人分財產,也要把它分成三分,就馬上枯萎了;因此而感動田真三兄弟,決定不再分家分樹了,紫荊樹聽了之後,立刻就又活了起來,所以怎麼可以說草木是無知的呢?

太上在此垂誡的用意,就是要人們對待一切有情,和一切無情的生命,都要養成一片慈悲之心。

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)