Kamis, 05 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 14 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 14 ~ Cerita


guò
xiǎo
yǒu
shù
bǎi
shì

qiú
cháng

shēng
zhě

xiān
zhī





Cerita :
Ada seorang pertapa wanita yang bernama Yang Zheng-jian, dia menempa diri hingga tahap sudah hampir berhasil. Tetapi Langit menyalahkannya karena pada waktu kecilnya, ayahbundanya sedang mempersiapkan sejumlah uang untuk membayar pajak, Yang Zheng-jian melihatnya, lalu dia mengambil dua sen uang yang bulat dan bagus dan menyimpannya, ini disebut sebagai menyembunyikan barang pemerintah!

Maka itu Langit menitahkan Yang Zheng-jian tinggal di dunia manusia selama setahun. Bersama dua rekannya mereka turun ke dunia untuk menyeleksi pertapa sejati; begitu diseleksi ternyata ada sejumlah 47 orang yang merupakan pertapa sejati; lalu ketika menjalani seleksi kedua ternyata hanya tinggal 2 orang yang merupakan pertapa sejati! Ini dikarenakan mereka menggunakan pikiran nafsu indria untuk menempa diri, ini adalah kesalahan!

Menyembunyikan uang dua sen tampaknya adalah kesalahan kecil, namun harus menjalani hukuman yang demikian disiplin, apalagi bagi sebagian orang yang sengaja dan sembarangan berbuat, tidak tahu untuk menghindari kesalahan!  




集福消災之道
(十四)

其過大小有數百事,欲求長生者,先須避之。
  
故事:

有位名叫楊正見的女仙人,她修持的功夫,再沒多久就可以登真了。但是上帝責怪她小時候,她的父母正在準備錢繳稅,楊正見看到了,就私下選了稅錢中特別圓特別好的二文錢藏了起來,這就叫作隱藏官物啊!所以上帝就下令,貶謫楊正見再留在人間一年。紫虛元君與茅君,共同在清虛宮裡校對勘定天下真仙得失的事情;一下子被刷下來的真仙就有四十七人之多;刷下來之後,又再次的重審,僅有兩人得以通過而重新上榜啊!這是因為他們懷著淫慾的心來修持上真的事,這就不能不沒有過失了啊!私藏二文錢是很小的過失,而仙人的修持,又在功過互相較量後,尚且被如此嚴厲的譴責,更何況是那些任意隨便不知道避免犯過的人呢!

【附註】

明朝袁了凡先生的家庭四訓中,有詳細的論述改過的方法,相當的精闢;若想更進一步了解效法了凡的人,請參閱研讀淨空法師演述的了凡四訓講記,又名修福積德造命法,此處則從略不錄。

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)