Rabu, 01 April 2015

Gan Ying Pian Bgn 24 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 24 ~ Cerita


mǐn
rén
zhī
xiōng

rén
zhī
shàn





Cerita 1 :
Yu Ling-yi pada suatu malam berhasil menangkap seorang pencuri, ternyata pencuri ini adalah anak tetangga, Yu Ling-yi berkata padanya : “Oleh karena didesak oleh kondisi yang miskin, barulah anda menjadi pencuri! Kini saya memberikan uang sejumlah sepuluh ribu sebagai modal usaha kepadamu, supaya kamu bisa mencari nafkah menghidupi diri sendiri, untuk selanjutnya janganlah berbuat kejahatan lagi!”

Ketika pencuri itu mengambil sejumlah uang tersebut dan bermaksud segera kabur, Yu Ling-yi berteriak memanggilnya : “Kamu orang miskin, bila dalam keadaan larut malam begini, memikul banyak uang pulang rumah, ditakutkan akan dicurigai polisi, sebaiknya kamu tinggal di rumahku, menanti hingga fajar menyingsing barulah pulang!”.

Sepanjang hidupnya Yu Ling-yi tidak pernah mengungkit kejadian ini kepada orang lain. Kemudian anak cucunya berturut-turut lulus ujian sarjana negara; orang lain mengatakan bahwa ini adalah balasan pada Yu Ling-yi yang mengasihani, menasehati dan mempengaruhi orang jahat supaya kembali ke jalan yang benar!


Cerita 2 :
Akhir periode Dinasti Han, ada seseorang yang bernama Pang Tong, selalu memuji kebajikan yang dilakukan orang lain, pujiannya selalu melampaui kenyataan yang sesungguhnya, sehingga membuat orang lain merasa heran, lalu bertanya padanya apa alasannya? Pang Tong menjawab : “Masa kini orang baik sudah sedikit jumlahnya, sementara orang jahat amat banyak, jika ingin memperbaiki kebiasaan masyarakat yang buruk, meningkatkan moralitas diri; jika tidak berusaha memuji kebajikan orang lain, maka orang lain yang berniat melakukan kebajikan akan semakin berkurang!

Dapat menyanjung sepuluh orang jika diantaranya ada lima yang melakukan kesalahan; tetapi masih ada lima lainnya yang tidak melakukan kesalahan, dengan demikian dapat memotivasi orang yang berniat baik untuk semakin maju!”

Guru Guan pernah memberi ajaran : “Semoga di dunia ini selalu muncul orang baik, semoga manusia senantiasa berbuat kebajikan, semoga mulut selalu mengucapkan kata-kata baik”.

Boleh dikatakan Pang Tong telah mengamalkan ajaran ini, bahkan giat berusaha mewujudkannya, sungguh ini membawa manfaat bagi dunia dan hati para pembina.          

   



集福消災之道
(二十四)


宜憫人之凶,樂人之善。



故事一:

于令儀晚上在家裡捉到了一個小偷,原來這個小偷就是鄰居的孩子,于令儀對他說:「你是因為貧窮所逼,才做小偷啊!我現在給你十千錢做為資本,幫助你謀生,以後千萬別再做壞事了啊!」這個小偷拿了錢正要離去,于令儀又叫他回來說:「你是個窮人,在深夜背著許多錢回家,恐怕會被巡邏的人盤問,乾脆你就留在我家,等天亮之後再回去吧!」這件事情,于令儀終其一生,都從未跟別人說過。後來他的子孫,都相繼的考中進士;別人都稱他是憐憫、勸導、感化惡人而得到的果報啊!

故事二:

後漢時,有位叫龐統的人,每每稱讚他人的善事善行,都是言過其實,別人感到很奇怪,就問他是什麼原因?龐統回答說:「當今這個時代善人少,惡人多,想要改善社會不良的風俗,增長自己的道業;若是不盡量的讚美他人的善事善行,那麼想要行善的人,就會更少了啊!稱揚讚歎十個人,其中若有五個發生錯誤;但是也有五個沒錯,這樣就可以使得有心向善的人,更加的自我勉勵,這也就可以了啊!」關夫子的訓示曾講到:「願天常生好人,願人常行好事,願口常說好話。」龐統先生可以說是善於體會這個訓示,而且身體力行,實在是有益於世道人心啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)