Minggu, 28 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 47 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 47 ~ Penjelasan


gōng
jié
zōng
qīn





Penjelasan :
Menyebarkan keluar rahasia atau kesalahan sanak keluarga dan sanak saudara, lalu menyudutkan mereka.

Analisa : 
Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang patut kita berikan perhatian! Seharusnya memperlakukan mereka dengan kasih sayang dan kesetiaan. Andaikata mereka bertemu dengan kesusahan, seharusnya menanggung beban ini bersama-sama. Ketika mereka bertemu dengan jalan buntu, seharusnya segera mengulurkan tangan memberi bantuan.

Hal yang memalukan keluarga hendaknya disembunyikan, janganlah malah disebarkan keluar, mana boleh malah saling menyudutkan, bahkan hanya sebuah masalah sepele, harus memperhitungkannya hingga setiap sen nya. Bahkan ada yang saling menciptakan konflik dalam keluarga, sampai menanti kesempatan untuk membalas dendam.

Pepatah berkata : “Menyiksa ranting pohon akan melukai hati pohon tersebut! Menebang akar pohon adalah serupa dengan memutuskan generasi pohon tersebut!”. Ucapan ini patut kita renungkan dengan seksama.       



集福消災之道
(四十七)

攻訐宗親。

【解釋】

指斥宗族和親戚的隱私或過失,而加以攻擊。

【分析】

同姓的親人叫做宗,異姓的親人叫做親;雖然親戚關係,有遠近親疏的不同,其實都是我所應該關切的人啊!應當以親愛忠誠的態度來對待他們;若是遇到了患難,應該要共同的來承擔;遇到了困難缺乏的時候,應該要及時的予以接濟;家醜要互相的掩藏,外侮要共同的抵禦;怎麼可以彼此互相的爭奪,連一點點小事,也在錙銖的計較;甚至還彼此互相的傾軋,伺機攻訐報復。俗話講:「折斷樹枝,會傷到樹的心!砍斷樹根,就等於斬斷了樹的脈啊!」這句話值得大家警惕。

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)