Selasa, 02 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 38 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 38 ~ Penjelasan


è
wèi
néng



  
Penjelasan :
Sudah melakukan kejahatan masih menganggap diri sendiri hebat.


Analisa :
Sifat dasar manusia adalah baik tetapi malah ada manusia yang berbuat jahat, menganggap dirinya hebat, sebenarnya dia telah kehilangan sifat dasarnya yang bajik; lagi pula “setelah berbuat jahat malah merasa diri sendiri hebat” merupakan alasan utama mengapa orang berbuat jahat, sehingga mengantarnya jatuh ke alam penderitaan. Orang yang sebodoh apapun juga takkan sudi menjadi orang jahat!  

Juga tidak ada yang tidak berharap diri sendiri menjadi orang yang hebat; hanya saja salah tafsir akan aksara “hebat”, sehingga semakin melangkah semakin terperosok. Pada permulaannya katanya : “Orang yang cakap itu baru berguna, yang tidak cakap maka tidak berguna; orang yang punya kemampuan baru ditakuti orang lain dan tidak berani ditindas; orang yang tidak punya kemampuan, ke mana-mana ditindas orang”; tetapi lama kelamaan diri sendiri juga akan tahu hal-hal buruk dan jahat yang diperbuat diri sendiri; maka tanpa malu-malu lagi mulai berada dan berkumpul bersama orang-orang jahat lainnya dan tidak menjauhi mereka lagi!

Umpamanya orang loba, memanfaatkan kekuasaan, cara-cara licik untuk mengelabui dan merampas harta benda milik orang lain, menganggap diri sendiri itu hebat, lalu dengan bahasa indah mengatakan bahwa ini adalah kepintarannya!

Orang berhati keji mempergunakan cara paksaan dan perangkap-perangkap sadis, untuk mencelakai orang lain, menganggap diri sendiri itu hebat; bahkan mempergunakan bahasa yang indah bahwa inilah yang disebut dengan kecakapannya!

Orang yang rakus akan nafsu indria, melakukan penipuan dan bisnis asusila, menggoda istri orang lain, menganggap diri sendiri itu hebat; bahkan dengan bahasa yang indah menyebutnya dengan istilah playboy!

Orang yang suka berbohong, membujuk, merayu, menyanjung-nyanjung; menganggap diri sendiri itu hebat; bahkan masih menggunakan bahasa yang indah  bahwa inilah yang disebut dengan kelihaiannya!

Orang yang suka menfitnah, menciptakan gosip dan membuat masalah, menganggap diri sendiri itu hebat; bahkan masih menggunakan bahasa yang indah  bahwa inilah yang disebut dengan lidah fasih.

Orang seperti contoh-contoh di atas, tidak habis disebutkan satu persatu, mereka saling bersaing, melihat siapa yang lebih hebat!

Orang munafik, terhadap kondisi begini takkan merasa curiga namun bagi sebagian orang yang mendengarnya malah menganggap bahwa ini adalah bahasa yang baik! Maka itu kadang kala bertemu dengan orang yang tidak memiliki kepintaran dan kecakapan, bukan playboy, tidak lihai, tidak berlidah fasih, maka orang ini pasti akan ditertawai sebagai orang tolol di dunia ini, sampah ketinggalan jaman!

Menanti hingga ajalnya tiba, saat peti mati ditutup dan harus mempertanggungjawabkan semua kejahatannya, maka apa yang disebut dengan orang hebat, jumlahnya sudah terlampau banyak! Lalu sekarang ke mana perginya mereka?    

Maka itu menasehati manusia di dunia, lebih baik menjadi orang tolol dan sampah ketinggalan jaman di mata orang banyak, sementara di dalam hati sendiri tetap teguh pada kebenaran; meskipun ini hambar namun sesungguhnya beraneka rasa, bahkan sangat erat dan stabil, takkan ada gagalnya! Bila anda tidak percaya akan kebenaran ini, maka coba amati insan bajik di dunia ini, tidak ada satupun yang tidak mendapat perlindungan dari Langit, lagi pula dihormati orang banyak! Sebaliknya orang jahat juga tidak ada satupun yang tidak mendapat kutukan dari Langit, lagi pula dibenci orang banyak!            
      



集福消災之道
(三十八)


以惡為能。


【解釋】

反而以作惡,認為是能幹。

【分析】

這句「以惡為能」,是專門就人事上說的。人性本善,而有人卻是以作惡,認作為能幹,這就失去了他性善的本體了;而且「以惡為能」這四個字,就是千秋萬世大大小小的惡人造惡的根本原因,所以才把它列在諸惡之首。人雖然是愚笨到了極點,也沒有甘心情願做惡人的啊!然而也沒有不希望自己成為一個能幹的人;只是因為錯認了這個「能」字,所以也就愈做愈差了。開始的時候說:「能幹的人有用,不能幹的人沒用;能幹的人,別人會害怕畏懼而不敢欺負;不能幹的人,則是到處受人欺負;等到久了之後,也自己知道自己所做的壞事;於是就堂而皇之的以惡人自居,而且也不再避諱了,並且還會美其名的說呢!例如貪心的人,利用權勢機巧詐術,來奪取他人的錢財以為能事;而且還美其名說,這就叫做智謀啊!狠心的人,使用強迫刁鑽陰險的手段,以陷害他人為能事;而且還美其名說,這就叫做辣手啊!貪淫好色的人,以欺騙奸詐賣俏的手段,來誘惑別人的妻女以為能事;而且還美其名說,這就叫做風流啊!佞巧的人,以逢迎拍馬欺哄詐騙為能事;而且還美其名說,這就叫做伶俐啊!讒媚的人,以造謠生事為能事,居然還美其名說,這就叫做口才啊!諸如此類的,說也說不完,大家都在鬥豔爭奇,以此競相爭尚,看誰比較高明,看誰比較厲害。虛偽的人,對於這種情形,不會感到懷疑,而一般聽到的人,還以為這是好話呢!於是偶然碰到一些沒有智謀、沒有辣手、不風流、不伶俐、沒有口才的人,就沒有不笑他是這個世上的棄材、時代的廢物啊!等到惡事做盡報應到來蓋棺論定的時候,所謂能幹的人,實在是太多了啊!而今他們都在那裡呢?因此普勸世人,不如暫且屈就為別人眼裡所謂的棄材廢物,而自己堅定的向著內心深處做工夫;這雖然是平淡,但是卻有味道,而且非常的穩定,決不會失敗啊!如果您不相信這事實道理,那麼就請您觀察這個世間的善人,沒有一個不獲得上天的保佑,而且人人尊敬啊!而惡人也沒有一個不受上天的譴責,而且遭人厭惡啊!

佛說:「世間一切的惡人,死後墮入了地獄;地獄中有一主,名叫牛頭阿旁,非常的凶狠惡毒,沒有一些慈悲不忍的心,他看到墮入地獄的眾生,受到各種的惡報苦痛,他只擔心還不夠痛苦,還不夠狠毒。有人問獄卒說:『地獄眾生所受到的痛苦無量無邊,實在是令人悲哀同情,而你為什麼卻是常常懷著殘酷狠毒,而沒有慈祥憐憫的心啊!』獄卒回答說:『這些在地獄中受苦的眾生,都是因為不孝順父母,毀謗三寶,辱罵親戚,輕慢師長,誣陷好人,殺害眾生,造了許多的惡業啊!而且這些罪人來到地獄受苦,每每到了脫離地獄轉生的時候,我們都拼命的加以勸導說:地獄裡面所受到的劇苦,是非常難以忍受的啊!你現在的罪苦受完了,可以出離地獄,希望你出去之後,千萬不要再作惡了啊!但是這些罪人,往往不肯悔改,今天出離地獄,沒過了多久,卻又再回來了啊!如此的輾轉輪迴,不知道痛苦啊!因為這個事實緣故,所以我對罪人,就沒有一點慈悲心了!』因此可知,作惡的人必定會墮入地獄;如今我們既然得到了剎那短暫的時間,得以住在這個世間,便應當要力行仁慈,廣修眾善,消除三障煩惱,清淨六根,念佛持齋,參禪學道,跳出六道輪迴的生死苦海;千萬不要放縱貪瞋痴三毒的煩惱,去做殺生、偷盜、邪淫的惡事啊!要知道造作了惡事,必定會得到惡的果報,而佛所說的話,都是真實不虛,我們應當要認真的相信受持啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)