Minggu, 28 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 47 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 47 ~ Cerita


gōng
jié
zōng
qīn





Cerita :
Pada Periode Semi dan Gugur (770-476 SM), perdana menteri Negara Qi yang bernama Yan Ping-zhong, hidup dengan sangat berhemat. Qi Jing-gong mengira bahwa Yan Ping-zhong menyembunyikan semua hadiah yang dianugerahkan kaisar kepadanya. Maka itu Qi Jing-gong berniat meminta penjelasan pada Yan Ping-zhong.

Yanzi (nama lain dari Yan Ping-zhong) menjawab pertanyaan Jing-gong : “Sejak saya menerima anugerah dari Yang Mulia Kaisar sehingga memperoleh jabatan dan kejayaan; sanak keluarga dan sanak saudara dari pihak ayahandaku tidak ada yang tidak menaiki kereta kuda; sedangkan sanak dari pihak ibundaku tidak ada yang tidak tercukupi sandang pangannya; sedangkan sanak dari pihak istriku takkan lagi menderita mati kelaparan atau mati kedinginan.

Para pelajar Negeri Qi yang sedang menanti persembahan makanan dan minuman dariku berjumlah lebih dari 300 orang. Tindakan saya ini sesungguhnya sedang menyembunyikan anugerah hadiah dari kaisar atau sedang mempertunjukkan anugerah hadiah yang diberikan oleh kaisar?”


Analisa Lanjutan :          
Yanzi menempatkan anugerah hadiah dari kaisar dengan terlebih dulu membaginya kepada pihak keluarga dari ayahandanya, barulah yang kedua adalah pihak keluarga ibundanya, lalu dibagi kepada pihak keluarga istrinya, yang terakhir barulah dibagi kepada mereka yang tidak memiliki hubungan apa-apa atau jauh dengan dirinya.

Yanzi termasuk orang yang menyayangi sanak keluarga dan sanak saudaranya! Andaikata setiap orang dapat harmonis dan menyayangi sanaknya maka di dunia ini takkan terjadi kejadian yang tidak berperasaan.




集福消災之道
(四十七)


攻訐宗親。


故事:

春秋時代,齊國的宰相晏平仲,生活非常的節儉,齊景公以為他隱藏了國君對他的賞賜,因此而責問他。晏子回答景公說:「自從臣承蒙陛下的賞識提拔顯貴之後;臣父親家族中的人,沒有不乘馬車的;臣母親家族中的人,沒有不豐衣足食的;臣妻子家族中的人,再也沒有餓死、凍死的人了。齊國讀書人等待臣供養吃喝的,就有三百多人。臣這樣的做法,到底是隱藏了陛下對臣的賞賜,還是彰顯了陛下對臣的賞賜呢?」

【再析】

晏子將齊王對他的賞賜分配,是以父親家族的人為第一優先,其次是母親家族的人,再其次則為妻子家族的人,最後才及於關係比較疏遠的人。這就是做到了古人所講:「以其所愛,及其所不愛啊!」晏子可以算是一位善於敦睦宗族親戚的人啊!如果人人都像晏子這樣的存心,能夠善睦宗親;那麼這個世界上,就不會有攻訐宗親這種無情無義的事情發生了。


節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)