Selasa, 26 Mei 2015

Gan Ying Pian Bgn 34 Penjelasan




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 34 ~ Penjelasan


rén
jiē
jìng
zhī

tiān
dào
yòu
zhī

祿

suí
zhī

zhòng
xié
yuǎn
zhī

shén
líng
wèi
zhī





Penjelasan :
Amal yang dijalankan oleh insan bajik sepanjang hidupnya, menuruti kehendak orang banyak, maka itu manusia dunia menghormatinya; selain itu juga menuruti hati nuraninya, maka itu para Dewa melindunginya; sehingga pahala kekayaan, usia panjang, kesehatan dan gaji yang diperoleh, senantiasa mengikutinya; supaya dia tidak perlu memohon tetapi tetap ada; makhluk halus jahat dan sesat menjauhinya, tidak berani mengganggunya; sedangkan makhluk halus yang pintar dan benar, secara diam-diam akan memberikan perlindungan padanya, serta membantunya.  


Analisa :
“Dihormati semua orang”, kebajikan merupakan sifat dasar manusia, begitu digerakkan maka akan mendatangkan mujizat; meskipun hanya seorang lansia yang lugu, yang begitu mendengar sebutir kebajikan juga akan memberi pujian dan salut, meskipun anda semiskin dan sejahat apapun, ketika bertemu dengan insan bajik juga takkan berani mengganggunya! Ini karena munculnya hati nurani, dengan sendirinya akan timbul kekuatan pengendalian diri dan tidak berani melakukannya.

Mengapa kita harus menghormati insan bajik? Pasti karena moralitas yang dimiliki insan bajik tersebut, sehingga dijunjung oleh orang banyak!




集福消災之道
(三十四)


人皆敬之,天道佑之,福祿隨之,眾邪遠之,神靈衛之。


【解釋】

善人一生所行的善事,下順人心,所以世間的人都恭敬他;上合天理,所以天道的神都保佑他;使富貴長壽康寧的福報,和居官受職的財祿,都跟隨著他;使他能夠不用去求自然就有;許多的邪神厲鬼,都遠離他、避開他,不敢侵犯他;而聰明正直的神靈,冥冥之中都在保衛他、幫助他。

【分析】

「人皆敬之」,善是人的本性中所本有的天性,只要一觸動,便會有所感應;雖然是愚夫愚婦,若是聽到了一件善事,大家必定都會稱揚讚嘆;任憑你是如何的窮凶極惡,見到了善人,也是不敢侵犯他啊!這是因為良心發現,自然就會能夠產生自制的力量而有所不為。這裡為什麼說大家都尊敬善人,一定是這個善人的道德,真正有可敬之處,所以沒有一個人不尊敬他啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)