Senin, 02 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 9 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 9 ~ Penjelasan


suàn
jìn





Penjelasan :
Setelah usia pelaku kejahatan dikurangi hingga habis, maka orang jahat tersebut akan menemui ajalnya!

Analisa :
Ini merupakan nasehat dari Dewa Taishang kepada manusia. Tabiat manusia yang melakukan kejahatan, memang susah dicabut, terus menerus melakukan karma buruk tanpa menyadari bahwa hari demi hari dalam kehidupannya semakin berkurang, usianya terus dipotong dan dikurangi, hingga akhirnya hari ajalnya tiba; dan matinya juga tidak wajar; lalu menuruti beratnya karma buruk yang diperbuat, setelah mati masih harus menjalani siksaan!

Maka itu kesadaran (vijnana) akan jatuh ke tiga alam penderitaan yakni alam binatang, alam setan kelaparan dan neraka untuk menjalani siksaan, saat itu kesengsaraan yang diterima juga tak terungkapkan lagi dengan kata-kata! 

Apakah setelah mati maka segalanya sudah tuntas begitu saja? Segala masalah akan usai begitu saja? Justru setelah mati maka urusan jadi besar! Tiada usainya! Sampai di sini pembahasannya maka air mata tak terbendung lagi mengalir dan menangis sekeras-kerasnya!

Patut diketahui bahwa “Mudah untuk kehilangan tubuh manusia, Karma Tetap sulit untuk dihindari”, semoga bagi insan bajik dan mulia dapat lebih memahami secara mendalam kebenaran ini, sehingga dapat meyakininya tanpa keraguan! Pergunakanlah kesempatan semasih nafas masih berada, melakukan pertobatan atas karma buruk yang dilakukan tempo hari; andaikata masih saja menuruti tabiat melewati hari demi hari, maka waktu seratus tahun akan berlalu sia-sia, bagaikan anak panah yang dilepas dari busurnya, sekejab saja sudah berlalu; saat ajal tiba, saat empat unsur yakni unsur tanah, air, api dan angin berpisah, meskipun saat itu timbul penyesalan juga sudah tak sempat lagi!





集福消災之道
()

算盡則死。

【解釋】

使惡人的壽算減盡之後,惡人也就死了!

【分析】

這句是太上苦口婆心垂誡世人的話。眾生作惡的習氣,實在是難以拔除,盡是在做些不善的惡業啊!而自己茫茫的業識,就像是膏火相煎一樣,生命中的日子,一天一天的過去,一直到了自己的壽算被奪除盡了,也就是死期到了;而且是死有餘辜啊!還得要隨著生前所造的惡業而受苦報啊!因而神識就墮入了畜生、餓鬼、地獄三惡道中受苦,此時所受到的痛苦,也就無窮無盡了啊!誰說一死就百了呢?就沒事了呢?簡直是死了以後,就不得了了啊!就沒完沒了了啊!講到這裡,就不禁要大聲疾呼,痛哭流涕啊!要知道「人身易失,定業難逃」,惟有希望仁人志士,對這個道理一定要深信不疑啊!趁著自己一息尚存,仍然可以懺除彌天的罪惡;如果仍然是因循茍且的度日;則百年光陰,就如同箭一般快速的逝去;等到自己臨命終,地水火風四大分離的時候,再懊惱悔恨,也就來不及了啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)