Selasa, 24 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 19 Penjelasan~Kesetiaan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 19 ~ Penjelasan Kesetiaan

zhōng
xiào




Penjelasan :
Sebagai pegawai atau bawahan harus setia; sebagai putra-putri harus berbakti.

Analisa :
Pegawai setia dan anak berbakti, ini merupakan tata hukum alam, yang juga merupakan landasan dari hubungan antar manusia. Andaikata sebagai pegawai atau bawahan tidak setia, maka sebagai pimpinan masih bisa mengharapkan apa lagi? Sebagai putra-putri bila tak berbakti, maka ayahbunda masih bisa berharap apa lagi terhadap putra-putrinya? Patut diketahui bila tidak setia dan tidak berbakti, maka lebih parah dari binatang, bagaimana bisa disebut sebagai manusia?

Meskipun manusia bisa menjadi Dewa, tetapi harus melalui tahap menimbun jasa dan memupuk kebajikan yang kurun waktunya panjang dan lama; hanya insan yang sepenuhnya setia dan sepenuhnya berbakti, bila hari ini meninggal dunia, besoknya sudah bisa terlahir di Surga. Sebagian orang mengetahui bahwa setia dan berbakti merupakan prinsip moral sebagai seorang pegawai atau bawahan, tetapi tidak menyadari bahwa setia dan berbakti juga dapat membawa kelahiran di Alam Surga!

Seorang anak berbakti terlebih dulu harus menstabilkan kondisi negara, karena bila negara berada dalam kondisi stabil, barulah keluarga dapat sejahtera; dengan keluarga yang sejahtera barulah anak berbakti dapat mengamalkan Ajaran Bakti! Maka itu mengapa orang jaman dulu memilih pejabat dari anak berbakti! Apabila dapat mengamalkan sekaligus kesetiaan dan berbakti maka ini merupakan karakter moral tertinggi sebagai manusia seutuhnya; namun ada juga yang tidak sanggup mengamalkan sekaligus kesetiaan dan berbakti; maka itu harus dijelaskan secara terpisah, sehingga dapat mengikuti keadaan setiap insan yang tidak serupa untuk melakukan pengabdian.

Kesetiaan adalah pengabdian tanpa mengandung unsur kepura-puraan, di dalam setiap jalinan hubungan antar manusia, contohnya bawahan mengabdi pada atasannya, junior mengabdi pada seniornya, juga termasuk dalam jalinan persahabatan memerlukan kesetiakawanan, dalam menangani urusan, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup lainnya, haruslah dengan setulus hati tanpa adanya unsur kepura-puraan; makna kesetiaan bukan hanya terbatas pada pegawai atau bawahan saja; karena diantara hubungan ayah anak, kakak adik, suami istri juga diperlukan kesetiaan, dengan sendirinya setiap insan akan saling menghormati dan mengasihi.

Sedangkan hubungan antara atasan dan bawahannya merupakan perpaduan antara moral dan keadilan; alasan mengapa seseorang mudah kehilangan kesetiaannya tak lain adalah faktor dirinya sendiri dan rumah tangganya, jabatan atau kedudukan, kekuasaan, budi dan dendam, ketenaran, lima faktor.

Kebanyakkan orang yang kehilangan kesetiaannya karena alasan dirinya sendiri, rumah tangganya dan jabatan atau kedudukan, ini masih mencakup kalangan orang biasa, sehingga dampak buruk yang ditimbulkan masih kecil; tetapi orang yang kehilangan kesetiaan karena alasan kekuasaan, hal ini muncul di kalangan pejabat licik, maka akibat yang akan ditimbulkan berkaitan dengan hubungan diplomatik antar negara di dunia; para pejabat licik ini akhirnya juga akan mencelakai diri sendiri, contohnya Li Lin-fu, Yang Guo-zhong, Qin Gui dan yang lainnya.

Sedangkan orang yang kehilangan kesetiaannya akibat budi dan dendam serta popularitas, meskipun seorang ksatria juga sulit menghindari hal ini; inilah malapetaka yang melanda Dinasti Tang dan Song hingga sekarang akibat menggunakan sistim partai!      


集福消災之道
(十九)

忠孝。

【解釋】

為人臣子的,必須要盡忠;為人子女的,必須要盡孝。

【分析】

臣盡忠,子盡孝,乃是天理的常規,也是人倫的根本。假使為人臣子的不忠,則君王對臣子還有什麼期望呢?為人子女的若是不孝,則父母對子女還有什麼指望呢?要知道不忠不孝,連畜生禽獸都不如,怎麼可以稱為人呢?

人雖然可以修成仙,但是必須要經過長久積功累德的修持;惟有至忠大孝的人,今天死了,明天就可以生到天界。一般人都知道忠孝為臣子的大節,豈知忠孝更是為超升到天界的根本原因啊!

孝子必須先要安定國家,因為國家安定了,家庭才能夠安定;而家庭安定了,孝子才能夠實行孝道啊!所以古人求忠臣,必定是在孝子之門求到的啊!而忠孝若是能夠兩全的話,方才是做人最高的德性;然而也有忠孝不能夠同時盡到的;所以必須要分別的討論,這樣才能使得大家知道,可以隨著個人情況的不同,而盡自己的心了。

所謂忠,就是盡心而無欺的意思。凡是人類的倫理所在,例如屬下服事長官,晚輩奉事長輩,或是平輩朋友間的交往處事、待人接物,都應該要盡心而無欺;而這忠的道理,則專門屬於為人臣子,或部屬的;因為父子兄弟夫婦的關係,人人都自然知道應該要互相的敬愛;至於君臣的關係,則是道義相結合的;一般的常人,容易在這個地方上產生茍且的現象,而為人臣子之所以分心而不能夠盡忠的原因,不外乎是自身和家庭、官位、權勢、恩怨、名譽這五種。想到了自身的家庭和官位,多是平庸之人,那麼所產生壞的影響還小些;而玩權弄勢的念頭,多是出自奸臣,那麼就會關係到天下國家的利害了;而這些奸臣,最後也是害到了自己,例如李林甫、楊國忠、秦檜等人。至於是為了恩怨名譽,雖然是世間號稱君子的人,也是在所難免;這就是唐、宋以來,朋黨之禍的原因啊!

【嘉言】

于鐵樵先生說:「老百姓所以能夠安居樂業過著太平的日子,這全都是靠國家軍隊和警察保護啊!試想一個地方,如果沒有國家軍隊和警察的保護,則一定是盜賊橫行,燒殺搶奪;老百姓的生命財產,豈不是危在旦夕,朝不保暮嗎?所以只要想到這點,那麼就是販夫走卒,也都是時時刻刻受到了國家的保護啊!因此每一個人都應當隨著自己的本分對國家盡忠,更何況是讀書做官領國家薪水的人,若不認識這個忠字,就實在是太慚愧了啊!」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)