Minggu, 28 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 48 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 48 ~ Penjelasan

gāng
qiáng
rén




Penjelasan :
Orang yang keras kepala dan pemarah, dalam memperlakukan orang lain, takkan bisa berlaku bajik, welas asih, hangat dan bermoralitas tebal!


Analisa :
Konfusius memuji orang yang keras hatinya, ini dikarenakan dia memiliki ketetapan hati dalam mewujudkan cita-citanya. Sedangkan orang keras kepala yang dimaksud oleh Dewa Tai Shang di sini adalah orang yang lekas emosi dan pemarah! Tabib menyebutnya sebagai penyakit kelumpuhan, karena tidak berbelas kasih, ini dikarenakan penyakit ini mati rasa tidak tahu rasa sakit dan gatal.

Orang yang keras kepala dan pemarah, saat berinteraksi dengan orang lain, juga akan mati rasa; bagaimana mungkin dia bisa berbelas kasih? Lalu kekerasan itu pada akhirnya juga akan patah! Setelah mengalami dan menerima banyak kerugian barulah dengan perlahan akan jadi lembut, ini juga merupakan kebahagiaan yang dimilikinya.          

  



集福消災之道
(四十八)


剛強不仁。


【解釋】

氣質剛強性情火爆的人,他的待人接物,就不能夠仁慈溫和厚道啊!

【分析】

孔子所讚賞剛毅的人,是因為他的意志堅定正直,而且又講道理的緣故;而太上所教戒的剛強之人,是因為他很容易就動氣發怒的緣故啊!中醫稱痿痺之症,叫做不仁,就是因為這種病症不知道痛癢。喜歡剛強動氣發怒的人,待人接物的時候,也就不知道痛癢了;都是帶著殺機,這就是俗話所講的鐵石心腸,這種人怎麼能夠仁慈呢?然而剛強到了最後,沒有不被摧毀折斷的啊!若是能在吃過了幾次大虧之後,而漸漸的轉化為柔弱,這也就是他的萬幸啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)