Sabtu, 04 Juli 2015

Gan Ying Pian Bgn 52 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 52 ~ Penjelasan


nuè
xià
gōng





Penjelasan :
Ada yang setelah menjadi pejabat berani bertindak lalim, menindas rakyat, serakah akan penghargaan dari kaisar.


Analisa :
Ketika lilin berpapasan dengan malam yang gelap, maka lilin tersebut akan memiliki jasa dalam menghapus kelamnya malam; perahu memperoleh kekuatan dari air sehingga dapat terapung, menyempurnakan jasa menjemput dan mengantar penumpang. Asalkan kondisinya benar maka dengan sendirinya keberhasilan akan segera menyusul, jadi tidak perlu harus mengejar jasa dan penghargaan!

Andaikata mengharuskan diri mengejar jasa, maka sebagai jenderal akan membiarkan pasukannya pergi merampok dan membunuh; sebagai pejabat akan berbohong dengan menaikkan pajak; sebagai hakim akan memperberat hukuman terpidana, juga tidak perlu merasa khawatir dan lepas kendali melakukan semua kejahatan ini!

Lalu segala hal ini adalah menggunakan jerih payah rakyat, untuk menggantikan penghargaan jasa yang diperoleh; meskipun penghargaan sudah diterima, tidak lain hanya naik pangkat saja; tetapi petaka sudah bersiap-siap mengikutinya! Orang yang sebodoh apapun takkan melakukan hal yang begitu merugikan seperti ini!     

Kita dapat melihat orang jaman dulu, contohnya jenderal besar Dinasti Song yang bernama Cao Bin, ketika menyerang Jiangnan, tidak ada satupun orang yang dibunuhnya! Sedangkan Ji An dari Dinasti Han demi menolong penduduk dari bencana kelaparan, berpura-pura dan berbohong dengan menunjukkan titah palsu untuk membuka gudang makanan, sehingga berhasil menyelamatkan berpuluh-puluh ribu nyawa penduduk yang kelaparan!

Yu Ding-guo dari Dinasti Han, ketika menjadi pejabat di bidang peradilan, meskipun sudah dijatuhi hukuman namun masyarakat juga tidak merasa diperlakukan tidak adil! Pada waktu itu, mereka ini bagaimana mungkin tidak memperoleh penghargaan utama dari negara!




集福消災之道
(五十二)


虐下取功。


【解釋】

有的做官的,竟然膽敢施行暴政,虐待百姓,以貪取功勞獎賞。

【分析】

蠟燭遇到黑夜,則成就它破除黑暗的功勞;船得到水的浮力,則成就它載送貨物的功勞。大抵只要水到渠成,功勞自然而然的就能夠顯現出來,根本就不需要去取得功勞啊!所以只要有取得功勞的意思,那麼做將軍的,放縱他的軍隊去搶去殺;做官的,妄自的增加糧稅勞役;做法官的,都加重犯人的罪刑,也都可以不必有所顧慮而任意的去做了啊!然而這些都是用百姓的民脂民膏,來換取個人功名的行為;功勞就算得到了,也不過是升官而已;但是災禍卻是隨之而來,而且不只是殺身之禍啊!人雖然是再笨,也不至於如此啊!我們不妨看看古人,例如宋朝的大將曹彬,攻下江南的時候,不殺一個人!漢朝的汲黯,為了救飢荒,就假傳聖旨打開糧倉,因此而救活了幾萬個飢民!漢朝的于定國,擔任廷尉審案的時候,百姓就是被判了罪,也沒有感到自己被冤枉的!在當時來講,他們何嘗不是國家的第一功臣啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)