Selasa, 31 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 24 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 24 ~ Penjelasan


mǐn
rén
zhī
xiōng

rén
zhī
shàn





Penjelasan :
Orang jahat selalu melakukan kejahatan dan mengundang malapetaka, seharusnya mengasihaninya, menasehatinya dan menyelamatkannya, sehingga dia dapat kembali ke jalan yang benar, mengubah petaka menjadi berkah.

Insan bajik selalu melakukan kebajikan dan mendatangkan pahala, seharusnya turut bersukacita dan memuji kebajikannya, memberinya motivasi dan membantunya supaya berhasil, sehingga dia dapat memupuk kebajikan, berkahnya di kemudian hari juga tak terhingga!


Analisa :
Tuan He Long-tu berkata : “Setiap orang yang baru mulai melakukan kejahatan, hanyalah karena sebersit niat yang salah pada waktu itu, bukanlah tidak mungkin menasehatinya untuk berhenti! Meskipun yang telah melakukan kejahatan, juga masih ada sebersit niat bajik yang belum lenyap, belum tentu tidak bisa terselamatkan!

Pada umumnya orang jahat selalu ditolak, serupa dengan menolak musuh, meskipun mereka sesungguhnya ingin kembali ke jalan yang benar, memulai sebuah lembaran kehidupan yang baru, namun karena keberadaan mereka tidak diterima sehingga mereka sulit membangkitkan keberanian untuk memperbaiki tabiat buruknya!”

Setiap insan ingin memiliki jasa kebajikan dari perbuatan baik, namun manusia suka membeda-bedakan dan melakukan perhitungan, bagi orang yang lebih berbakat dan berpengetahuan, berharap bahwa kebajikan tersebut hanya diperbuat oleh dirinya seorang, sedangkan bagi insan yang kurang mampu, berharap supaya kebajikan itu hanya diperbuat oleh orang lain saja, bahkan memanipulasi kenyataan yang sesungguhnya, sehingga merusak kebajikan orang lain; ini hanya akan merusak hati sendiri; sementara bagi orang lain, takkan mengalami kerugian apapun.

Tidak mengetahui bahwa ketika melihat orang lain membangkitkan niat dan berbuat baik, andaikata saya dapat memberinya motivasi, menasehatinya, memujinya sehingga dia dapat melakukannya dengan sempurna; maka kebajikan orang lain tersebut juga merupakan kebajikan diriku, dengan demikian jasa kebajikan yang diperoleh adalah tak terhingga!

Dari orang awam beralih menjadi insan suci, pintu dari segala kebajikan adalah membangkitkan Bodhicitta, merupakan yang paling utama dan terunggul; Bodhicitta bagaikan benih, karena dapat memunculkan segala kebajikan. Bodhicitta juga bagaikan ladang kebajikan, karena dapat membuat para makhluk mengembangkan kebajikan.

Bodhicitta juga bagaikan air yang jernih, karena dapat membersihkan kekotoran batin di hati setiap makhluk. Bodhicitta juga bagaikan api yang membara, dapat membakar habis segala pandangan sesat.  
   



集福消災之道
(二十四)


宜憫人之凶,樂人之善。


【解釋】

凶狠的人,常常作惡而招來災禍,應該要憐憫他、勸導他、感化他,使他能夠改惡向善,轉禍為福。善良的人,常常行善而招來福報,應該要為他歡喜讚歎,鼓勵他、成就他,使他更能積極的行善,後福無量啊!

【分析】

何龍圖先生說:「凡是剛剛開始作惡事的時候,也只是因為當時的一念之差而已,未必不能夠勸阻禁止啊!就是已經做了惡事之後,仍然會有一念的良知未泯,未必是不可以解救啊!世人每每拒絕做了惡事的人,就如同拒絕仇人一般,雖然他們想要洗心革面,從新做人,卻是因為不為人所接納,而很難有勇氣去改了!」

做善事的功德,人人都想能夠得到,但是人們都往往虛妄的分別計較;較有才智的人,只希望善事都是由自己做出來的,較卑微的人,也不希望善事全都是別人在做,甚至捏造了事實,破壞他人的善事;這樣只是徒然的壞了自己的心術而已;對別人來說,也沒有任何的損害。殊不知別人若是有了善念善事,我若是能夠激勵他、勸勉他、贊揚他,使他能夠做的更完美,更圓滿;那麼別人的善,也就是我的善了,這樣便是功德無量啊!

從凡入聖,萬善之門,是以發菩提心,最為殊勝第一了;菩提心就像種子一樣,因為它能夠生出一切善法的緣故。菩提心也像良田一樣,因為它能夠使眾生增長善法的緣故。菩提心也像清淨的水一樣,因為它能夠洗除眾生心中一切煩惱的緣故。菩提心也像熾盛的大火一樣,因為它能夠燒掉一切邪見的緣故。涅槃經裡面說:「佛陀說修一種的善心,就能夠破除百種的惡業,就如同很小的火,能夠燒掉一切的東西啊!知道萬種的善事,都是從我們一念的好樂而產生的,當全體善心現前的時候,也就是成就了我們的圓滿菩提常樂妙果。」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)