Senin, 01 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 36 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 36 ~ Cerita


qiú
tiān
xiān
zhě

dāng
qiān
sān
bǎi

shàn

qiú
xiān
zhě

dāng
sān
bǎi

shàn





Cerita :
Zhong Li dari Dinasti Han, mewariskan metode melatih Pil Keabadian kepada Lǚ Dong-bin, dengan menaruh pil tersebut di atas besi, maka besi tersebut akan berubah menjadi emas, dapat dipakai untuk menolong orang miskin di dunia.

Lǚ Dong-bin bertanya pada Zhong Li : “Setelah berubah jadi emas, apakah akan berubah kembali jadi besi?”

Zhong Li menjawab : “Lima ratus tahun yang akan datang, emas tersebut akan berubah kembali ke bentuk asalnya yaitu besi”.

Lǚ Dong-bin berkata : “Hal seperti ini yang akan mencelakai manusia pada lima ratus tahun kemudian, saya takkan sudi melakukannya”.

Zhong Li yang mengajari Lǚ Dong-bin metode mengubah besi jadi emas, tak lain hanyalah untuk menguji hatinya. Kini sudah jelas bahwa hati Lǚ Dong-bin amat baik dan jujur, maka itu Zhong Li berkata padanya : “ Untuk membina diri jadi Dewa harus menimbun sebanyak tiga ribu butir jasa kebajikan, namun setelah mendengar perkataanmu ini, tiga ribu butir jasa kebajikanmu kini sudah jadi sempurna”.




集福消災之道
(三十六)


欲求天仙者,當立一千三百善,欲求地仙者,當立三百善。


故事:

漢朝人鍾離把他煉丹的方法,傳給呂洞賓,用丹點在鐵上,就能變成黃金,可以拿來救濟世上的窮人。呂洞賓問鍾離說:「變成了金,到底會不會再變回成鐵呢?」鍾離回答說:「五百年以後,仍舊要變回原來的鐵。」呂洞賓說:「像這樣就會害了五百年以後的人,我不願意做這種的事情。」鍾離教呂洞賓點鐵成金,不過是試試他的心而已。現在知道呂洞賓存心善良,所以對他說:「修仙要積滿三千件的功德,聽你這句話,你的三千件功德,已經做圓滿了。」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)