Minggu, 07 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 39 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 39 ~ Cerita


rěn
zuò
cán
hài





Cerita 1 :
Xu Zhen-jun hidup pada masa Dinasti Jin (265-420), merupakan penduduk Kabupaten Ru'nan, Provinsi Henan. Sejak kecil sudah suka berburu, suatu hari ketika dia sedang berburu, berhasil memanah seekor rusa kecil, tiba-tiba dia melihat rusa betina tiada henti-hentinya dengan lidahnya menjilat luka di tubuh anak rusa, karena itu dia merasa di hatinya ada rasa sedih yang tiada hingganya, tidak lama kemudian sang ibu rusa terhempas di tanah dan mati.

Xu Zhen-jun menggunakan pisau membelah dada ibunda rusa, tampak hati ibunda rusa hancur berkeping-keping, Xu Zhen-jun amat terharu dan menyesali serta membenci dirinya sendiri; lalu mematahkan busur panahnya, bersumpah untuk selanjutnya takkan berburu lagi.

Kemudian Xu Zhen-jun direkomendasikan menjadi peserta ujian negara, lalu menjabat sebagai bupati di Kabupaten Jingyang. Oleh karena terjadinya kekacauan di dalam pemerintahan kekaisaran Dinasti Jin, maka itu dia mengundurkan diri dari jabatannya dan pulang ke kampung halamannya; mengikuti Wu Meng belajar Ajaran Tao dan menjadi pembina yang berhasil.


Cerita 2 :
Ada seorang pedagang yang bernama Ren Tian-yi, tabiatnya tamak dan keji. Setiap tahun dia akan pergi ke Haizhou membeli babi untuk dijagal. Suatu kali ketika dia sedang menggunakan perahu untuk mengangkut babi, di tengah perjalanan saat malam hari tiba-tiba badai muncul dan membalikkan badan perahu, babi-babi segera dirampas oleh para nelayan. Ren Tian-yi menangis tersedu-sedu di tepi sungai, pada saat itu bertepatan dengan ambruknya batangan tiang di atas perahu yang langsung menimpa Ren Tian-yi, sehingga tubuhnya rata dengan tanah.
         


集福消災之道
(三十九)


忍作殘害。



故事一:

許真君是晉朝汝南人,從小就喜歡打獵。有一天他上山打獵,射中了一隻小鹿,卻見到母鹿不斷的用舌頭去舔小鹿的傷口,似乎有著無限的悲傷,不久母鹿也倒地而死。許真君就用刀剖開母鹿的胸腹,卻發現母鹿的肝腸寸斷,他大為感動而悔恨不已;於是就折毀弓箭,發誓永遠不再打獵了。許真君後來被薦舉為孝廉,做旌陽縣的縣令,因為有感於晉朝的朝政紊亂,於是就棄官歸隱,追隨吳猛學道;在晉孝武帝太康二年,於洪州西山得道成真;因為常常顯靈濟世,宋帝就追封他為神功妙濟真君,簡稱為許真君,或是稱為許旌陽。

故事二:

有位商人任天一,為人貪利而殘忍。他每年都要到海州青口這個地方,買醃豬回來屠宰。有一次,他用船載著醃豬,經過高郵六安溝閘的時候,夜間刮起了大風,船被風吹翻了,豬立刻就被打漁的人給搶光跑散了。任天一則在岸邊暗自地叫苦,這時候船上的大桅桿,剛好倒了下來,壓在他的身上,把任天一壓成了肉餅。

【再析】

要知道命中有財,到那裡都可以賺得到錢啊!何必去做殺生害命的行業呢?報應像任天一這種的商人,實在是太多了,值得人們反省深思,不要為了謀生,反而卻走上了死路;至於被小偷強盜燒搶劫掠,甚至被水淹死等等的事情,未必不是上天以殺他的身命,來報應他殺生的罪孽啊!


節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)