Rabu, 08 Juli 2015

Gan Ying Pian Bgn 53 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 53 ~ Penjelasan


chǎn shàng zhǐ  




Penjelasan :
Menjilat pada pejabat yang pangkatnya lebih tinggi, melaksanakan segala perintahnya meskipun harus menjadi kakitangan nya dalam melakukan perbuatan yang tidak terpuji. 


Analisa :
Pejabat yang pangkatnya lebih tinggi atau atasan, sebelum menetapkan sebuah keputusan maka masih mempunyai kesempatan untuk dinasehati dan membatalkan niatnya. Tetapi pada saat begini bila ada orang yang suka menjilat pada atasan, maka atasan akan semakin memaksakan kehendaknya meskipun keputusannya itu adalah salah, hingga tidak sudi mendengar nasehat dari orang lain lagi.

Sebagai pejabat yang pangkatnya lebih tinggi atau atasan, setiap mengambil keputusan harus berdasarkan kebenaran, jangan sampai tamak akan kepentingan dan keuntungan diri sendiri, sehingga orang lain bisa mempergunakan celah ini untuk mengambil kesempatan mengambil hati dan menjilat. 

Sedangkan sebagai bawahan, mana boleh mengejar gelar pendidikan palsu dan serakah akan harta yang tidak halal? Seharusnya menyadari bahwa menjilat pada atasan dan bujuk rayu hanyalah akan merusak hati nurani dan citra diri, menjalin permusuhan yang tak terhingga dengan orang lain!   



集福消災之道
(五十三)

諂上希旨。


【解釋】

奉承在上位的長官,以迎合他的意旨。

【分析】

在上位的長官,尚未做出決定的時候,猶有勸說挽回的機會;但在這時候,若是有人逢迎長官,那麼長官的決心,就會更加的堅定,以至於到了不可再勸說挽回的地步了。這不只是臣子之於君王而已;例如在下的屬官迎合上司,地方的紳士迎合官府,部屬迎合主管,僕人迎合主人等等,這些都是啊!凡是居上位的人,事事都應當依循著道理去做,千萬不可以有所貪圖而自私自利,使人有機可乘,向自己逢迎拍馬;而在下位的人,又怎麼可以去希求不合道理的功名,貪圖不義的錢財呢?應該知道奉承迎合,屈膝諂媚,只是徒然的喪失了自己的良心和人格,和別人結下了無窮的怨業啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)