Minggu, 22 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 16 Penjelasan




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 16 ~ Penjelasan


xié
jìng

àn
shì





Penjelasan :
Setiap tempat yang tidak benar, misalnya tempat judi, tempat prostitusi, klub malam, narkoba dan sebagainya, haruslah dipandang sebagai jalan sesat dan harus dijauhi. Saat sendirian berada di kamar yang gelap, dimana orang lain tidak dapat melihat dan mendengar, yang juga merupakan garis pemisah antara baik dan jahat; tetap mampu menjaga pikiran yang benar dan tulus, sama sekali tidak berniat mengelabui orang lain.

Analisa :
Tidak memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk menginjakkan kaki di tempat-tempat yang sesat sedemikian, janganlah dianggap sepele karena dampak yang ditimbulkan sangatlah besar. Tidak bertindak munafik kala berada sendirian di dalam rumah yang gelap, takkan melakukan tindakan yang mengelabui orang lain, yakni membersihkan hati hingga ke dasarnya agar senantiasa bersinar cemerlang.

Patut diketahui bahwa bila berbuat kebajikan masih ada niat untuk memohon pahala maka ini juga merupakan jalan sesat! Maka itu meskipun berbuat kebajikan untuk anak cucu juga tidak sepatutnya memohon pahala buat anak cucu. Namun dengan mematuhi tata krama keluarga, hidup bersahaja, rajin belajar, banyak melakukan kebajikan tersembunyi, ini barulah menciptakan berkah buat anak cucu.     

Dalam menciptakan berkah bagi anak cucu, yang diam-diam dan tidak menghendaki ketenaran, maka ini akan menciptakan berkah yang panjang bagi anak cucu, sedangkan yang menginginkan ketenaran dan tampaknya sangat ramai, namun ini hanya akan membuat berkah anak cucu jadi menyusut dan pendek!

Demikian juga popularitas dan ketenaran juga harus dihindari. Jika ada niat ingin terkenal maka ini juga termasuk jalan sesat! Maka itu seharusnya bermawas diri menjauhi ketenaran.

Menasehati agar belajar ajaran budi pekerti, hidup bersahaja dan bermoralitas, bermawas diri, menjunjung tinggi tata krama, ini adalah orang yang menjauhi ketenaran.

Berusaha agar nama sendiri jadi tersohor, memanfaatkan pengaruh dan kekuasaan, angkuh dan sombong, ini adalah menginginkan ketenaran! 

Orang yang menjauhi ketenaran mencerminkan ketenangan dan sejahtera; sedangkan orang yang menghendaki ketenaran, menunjukkan kecemasan dan kedunguan!
  





集福消災之道
(十六)



不履邪徑,不欺暗室。

【解釋】

凡是不正經的地方,例如賭場、妓院、舞廳、鴉片煙館等,都要視為邪徑,決定是退避不去。就是在陰暗的房間,別人所看不見聽不到的處所,也就是善惡才分的界限;都能夠正心誠意,絲毫都不願意欺騙人。

【分析】

這兩句是從避過中抽出來最緊要的來勸誡人,也是做善人的開始。不履邪徑,就是從心源上打點得堂堂正正;雖然是一絲毫的邪路,所關係的甚是微小;但是到了此處,也是斷然的不走,那麼大的地方,也就可以知道了。不欺暗室,就是從心源上打掃得光光明明;雖然是在屋子裏面最隱密,只有自己知道的地方,也是斷然的不肯茍且行事;那麼明顯的地方,也就可以知道了。能夠如此,然後積功累德,做種種的善事,就可以一以貫之了!

要知道福以酬德,若是稍微有些求福的心,就是邪徑啊!所以應當為子孫造福,而不應當為子孫求福。而謹守家規,崇尚儉樸,訓耕讀書,廣積陰德,這些就是為子孫造福。而擴大田宅,締結姻緣,爭什一、賣功名,這就是替子孫求福。要知道造福表面上看起來,雖然恬淡,但是能夠使子孫長遠;而求福表面上雖然很熱鬧,卻是使子孫的福報縮短了!

而名以賓實,也就是名實要相副。若是稍微有些市之之心,也就是沽名釣譽打知名度的心,就是邪徑啊!所以應當要為此生惜名,不應當為此生市名。而勤習詩書,崇尚氣節,謹慎取與,注重威儀,這就是惜名啊!兢相標榜,力邀權貴,騖矯激、習樸稜,這就是市名啊!所以惜名的人顯得寧靜而吉祥;而市名的人,就顯得躁進而笨拙了!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)