Sabtu, 21 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 15 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 15 ~ Penjelasan



shì
dào
jìn

fēi
dào
tuì

退





Penjelasan : 
Sebelum bertindak hendaknya berpikir terlebih dahulu, apakah sudah sesuai dengan kebenaran; jika benar maka lakukanlah; jika tidak sesuai dengan kebenaran maka urungkan niat dan tidak melakukannya.

Analisa
Ini ibarat jalanan besar dan lapang, yang sesuai dengan Hukum Alam dan hati nurani maka ini adalah benar; sedangkan yang berlawanan dengan Hukum Alam dan hati nurani, yang mengandung duri yang membahayakan, maka ini adalah tidak benar.

Oleh karena baik dan buruk adalah terletak pada sebersit niat pikiran, dan seketika itu juga kita harus mengambil keputusan untuk menerima atau menolaknya, maka kita tidak boleh ragu dan harus mengambil sikap yang tegas, jangan memiliki pendirian yang goyah!

Begitu kita goyah maka akan masuk ke jaring-jaring Mara; maka itu harus senantiasa bermawas diri; umpamanya bila ada anggota keluarga yang tidak menuruti kehendak kita, apakah kita akan merasa tidak senang? Ketika melewati hari-hari yang serba berkecukupan, apakah akan timbul nafsu indria?  Bagaimana pula bila penghasilan keluarga tidak banyak, apakah kita akan memikirkan segala cara untuk mencari keuntungan?  Ketika sahabat melatih diri telah pergi untuk selamanya, apakah kita sendiri akan jadi mundur dan malas?  Hanya dengan beberapa perumpamaan ini saja dapat membuat batin kita mengalami kemunduran, sehingga melakukan perbuatan yang tidak benar, maka itu jangan dianggap sebagai hal yang sepele!




集福消災之道
(十五)


是道則進,非道則退。

【解釋】

凡是要做一件事,先要想一想,合不合道理;合道理的,就前進去做;不合道理的,就退避不做。

【分析】

這一節,一直到當立三百善,則是太上列舉行善招福的大綱,先教人眾善奉行,即可以招來福報。道就好像是大路一樣,順天理,合人心,坦平正直,即是道;而逆天理,拂人心,荊刺險阻,即非道。本篇中從「不履邪徑」,一直到「與人不追悔」,都是道,也就是行善。從「非義而動」,到「殺龜打蛇」,都是非道,也就是作惡。而「是道則進,非道則退」的這兩個「則」字,最是喫緊著力;因為是非只在當念的分辨,而進退則必須要即時的決定;在這個緊要的關鍵處,一定要下斬釘截鐵的手段,不能夠有一絲毫猶豫不決的心念啊!如果念頭一轉,就會再墮入了魔關;所以必須要時時的省察,事事都得要謹慎小心;例如家人不順自己的意思,會生煩惱嗎?過著安居飽暖的生活,會生淫欲心嗎?家中的收入不多,會想法子去賺錢嗎?一同修行的伴侶離開了,會生昏沈退惰嗎?諸如此類都是,都足以退失道心,而入於非理,所以不可以輕忽啊!

而此處所謂的「道」,也就是中庸上面所講的「天命之謂性,率性之謂道」的「道」。在我們的日用生活中,或是說話、或是沈默、或動、或靜,都無處不是道啊!只要真正的深入的了解其中的道理,行起來就會十分的勇猛精進了。古德說:「大道不離目前,要且目前難睹;欲識大道真體,不離聲色言語。」道德經說:「上士聞道,勤而行之。」內觀經說:「知道易,信道難;信道易,行道難。」華嚴經說:「信為道元功德母,長養一切諸善根;斷除疑網出愛河,開示涅槃無上道。」因為道的本體,人人本來就具足了;雖然是沈溺在萬種的物欲之中,若是肯一念回光反照,那麼其中的真是真非,自然就絲毫的也瞞昧不住啊!這就是所謂的「天理不息的本體」;如果能夠擴大而使它充滿,那麼縱然經過了一萬劫、一千生,也不會墮落了;所以人若是能夠知行合一,就是超凡入聖,也是不難啊!這是真話!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)