Sabtu, 02 Mei 2015

Gan Ying Pian Bgn 31 Penjelasan




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 31 ~ Penjelasan


shòu
chǒng
ruò
jīng





Penjelasan :
Ketika sedang dalam keadaan berjaya seperti memperoleh promosi, penghargaan dan lain sebagainya, sepatutnya memiliki pemikiran bahwa diri sendiri masih belum sanggup memikul beban ini, takut kalau kebajikan masih tipis dan jasa masih dangkal, pahala yang belum mencukupi, tidak dapat mempertahankannya untuk jangka panjang!


Analisa :
Ketika seseorang mengalami kejayaan, meskipun kemuliaan tersebut memang sudah sepatutnya diperolehnya; tetapi semestinya harus tahu merasa cukup dan puas! Bahkan ketika jaya seharusnya tahu merasa takut dan bermawas diri. Oleh karena ketika pahala datang maka mudah jadi lupa diri, pada saat demikian telah menanam benih petaka; lagipula setelah melewati siang hari maka mentari perlahan akan mulai terbenam, demikian pula rembulan setelah melewati purnama maka perlahan akan menjadi sabit, ini merupakan kebenaran yang pasti dan takkan berubah; maka itu ketika menikmati kejayaan, seharusnya lebih tekun menimbun jasa kebajikan, mengerahkan segenap kemampuan untuk berbuat kebajikan, tidak berani sedikitpun merasa malas!


  



集福消災之道
(三十一)


受寵若驚。


【解釋】

凡是在受到升遷獎賞等榮寵的時候,應該要有不克負荷,若驚若懼的想法,怕自己的德薄功淺福報不夠,不能夠長久的保持啊!

【分析】

一個人受到了榮寵,雖然是他分內所應得的;但是也應當要守分知足啊!並且有受寵若驚的意思。因為「福兮禍所伏」,古有明訓啊!一般人往往在福報現前,就得意忘形了,這時候,就已經埋下了災禍的遠因;而且日過當中,太陽則會開始慢慢的偏斜;月圓之後,月亮就會開始漸漸的缺了,這也是一定不變的道理;所以在受到榮寵之後,更應該大積功德,力圖報效,不敢有一絲毫的懈怠啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)