Sabtu, 09 Mei 2015

Gan Ying Pian Bgn 33 Penjelasan




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 33 ~ Penjelasan


suǒ
wèi
shàn
rén





Penjelasan :
Insan yang dapat mengamalkan semua kebajikan yang telah diuraikan sebelumnya, barulah disebut sebagai insan bajik.


Analisa :
Harus diketahui bahwa yang disebut dengan insan bajik, pertama-tama dapat membedakan baik dan buruk, takkan salah tafsir, bahkan memiliki sekaligus kebijaksanaan dan pemberani, yang terakhir dapat mencapai kondisi batin “melupakan baik orang lain maupun diri sendiri”, dalam memperlakukan orang dan menangani urusan adalah dengan maitri karuna dan berlapang hati; apalagi maksud dan tujuannya dalam memperlakukan baik diri sendiri maupun orang lain, sama sekali takkan bertentangan dengan hati nuraninya!

Yang disebut dengan insan bajik adalah yang menjauhi kejahatan dan suka pada kebajikan; bagaimana pula agar manusia dapat mengenyahkan kejahatan dan hanya memiliki kebajikan saja? Oleh karena manusia selalu menganggap remeh tabiat dirinya, sehingga melupakan hati nuraninya; maka itu manusia harus tekun mengembangkan kebajikan, bila kejahatan muncul maka segera bertobat dan kembali ke jalan yang benar, dengan demikian barulah dapat mencapai kondisi batin dimana hanya ada kebajikan tanpa kejahatan!  


              



集福消災之道
(三十三)


所謂善人。


【解釋】

把前面所說的眾善,都能夠奉行的,才叫做善人。

【分析】

從這裡「所謂善人」,一直到「神仙可冀」,是講善人的福報盛大,而且絕不會不靈驗;要知道名副其實的善人,開始就能夠是非分明,不會弄錯,而且智勇雙全,最後到達了「人我兩忘」的境界,待人處世既慈悲又寬恕;況且他的立心用意,待己待人,絲毫都不會違背了天性和人情,就算是堯舜周公孔子復生,也是和這個道理一樣的啊!而所謂的善人,就是以天心的好善而遠惡;而人心要怎樣才能做到有善而無惡呢?因為人們常常忽略了自己的習氣和毛病,以致於失掉了最初的天心;所以人應當要有善則精進,有惡則改悔,這樣或才可以做到了有善無惡的境界啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)