Minggu, 18 Januari 2015

Gan Ying Pian Bgn 3 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 3 ~ Penjelasan



shì
tiān
yǒu
guò
zhī
shén

rén

suǒ
fàn
qīng
zhòng

duó
rén
suàn





 Penjelasan :

Oleh karena sepanjang hidup manusia, tak peduli siang maupun malam, setiap detiknya, di semua sisi, ada Dewa yang mengawasi; menuruti ringan atau beratnya dosa yang diperbuat seseorang, mengurangi usia manusia.

Analisa
Di dalam Avatamsaka Sutra tercantum bahwa setiap insan yang terlahir di dunia, ada dua Dewa yang mengikutinya, yang satunya bernama Tong Sheng dan yang satunya lagi bernama Tong Ming; mereka setiap hari mencatat perbuatan yang dilakukan manusia baik melalui pikiran, ucapan dan tindakan; maka itu setiap niat pikiran kita yang timbul, ucapan dan tindakan, dalam memperlakukan orang dan makhluk hidup lainnya, hendaknya senantiasa teringat pada dua Dewa yang setiap saat mengawasi dan mencatat perbuatan kita, jangan biarkan pikiran buruk kita berkelanjutan

Andaikata tiba-tiba muncul sebersit niat buruk, maka harus segera menyadari dan memadamkannya. Maka itu sebelum mendisiplinkan diri, maka terlebih dulu hendaknya belajar mengendalikan diri, mengamati niat pikiran yang muncul dan lenyap; bila dapat sedemikian tekun, maka rintangan karma yang tak terhingga, dalam jangka waktu tertentu akan jernih bagaikan angkasa luas.

Bila hal ini terwujud, maka kendali atas apa yang menimpa diri kita baik itu berupa petaka dan keberuntungan serta usia panjang dan pendek, ada dalam genggaman diri sendiri, baik Langit maupun Bumi, para Dewa, Malaikat, serta makhluk halus lainnya takkan lagi berdaya pada diri kita! Apalagi bagi Dewa yang membuat pengawasan?        
      
   



集福消災之道
()

是以天地有司過之神,依人所犯輕重,以奪人算。

【解釋】

因為人的一生,無論是白天夜晚,時時刻刻,上下四旁,都有主管人間過惡的神明在鑒察著;依照各人所犯過惡的輕重,來奪除人的壽算。(人活一百天叫一算,犯輕的就少奪,犯重的就多奪。)

【分析】

天有三官五帝,百神諸司;地有五嶽四瀆和城隍里社;另外又有舉意司,專門記錄人的起心動念的善惡,凡是這些,都是所謂的司過之神。而上天的心是慈悲仁愛的,想要世人在自己心中獨知的地方,為善去惡;因而才有了司過之神,鑒察人們所犯的惡事,並且量度惡事的輕重,而除減人的壽命百日。所以說:「人間的竊竊私語,在天聽起來,就跟打雷一樣的響啊!人若是在暗室中做了虧心的事情,是絕對逃不過神明如雷電般銳利的眼睛啊!」詩經書經中也講到:「上帝日日夜夜都在鑒察著,世間每一個人身體語言心理所造作的行為啊!」這就是所謂的十目所視、十手所指、神之聽之的道理。明白了這個道理,則我們心中獨知的地方,自然就有鬼神,比自然界天地鬼神的鑒察還要嚴格,這就是所謂天人合一的道理啊!

華嚴經說:「每個人出生之後,就有二位天人跟隨著,一位名叫同生,另一位名叫同名;這兩位天人能夠時常見到被跟隨著的人的言行;而被天人跟隨的人,卻是見不到天人。」兩位天人,也就是所謂的善惡二部童子,他們每天廿四小時都在記錄著人的善惡言行,包括心理行為;所以我們每個人的起心動念、言談舉止、待人接物,都要常常想到這兩位天人隨時隨地都在鑒察記錄,不要使自己的惡念持續不斷啊!若是偶然中起了一個惡念,也要立刻的警覺到,把它調轉過來。所以克己,必須先要從難克制的地方去克制,一直窮究到念頭的起滅處;如果能夠這樣的用功,那麼我們無邊的業障,就能夠在一時之間,清淨湛然如同虛空一樣了。能夠這樣的話,那麼吉凶禍福壽命長短的與奪之權,就可以操在我們自己的手中,天地鬼神也就無可奈何了啊!更何況是司過之神的奪算呢?

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)