Minggu, 19 April 2015

Gan Ying Pian Bgn 27 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 27 ~ Penjelasan


zhāng
rén
duǎn

xuàn
cháng





Penjelasan :
Jangan menyebarluaskan kesalahan orang lain, seharusnya menutupinya; jangan membesar-besarkan kelebihan yang dimiliki diri sendiri, seharusnya menutupi bakat ketrampilan yang dimiliki diri sendiri, mengembangkan kebajikan dan moralitas diri.   


Analisa :
Bila mendengar atau melihat kekurangan atau kelemahan yang dimiliki orang lain, meskipun telinga boleh mendengar tetapi mulut tidak boleh mengucapkannya keluar! Oleh karena mulut tidak boleh membeberkannya keluar maka telinga juga boleh tidak mendengarnya, maka ini sangat bagus! Harus diketahui bahwa tidak ada orang di dunia ini yang tidak memiliki kekurangan atau kelemahan. Andaikata menyebarluaskan kekurangan atau kelemahan orang lain, maka hal ini akan menjadi buah bibir, sehingga merugikan nama baik orang lain, akibatnya dosa ini, siapa yang harus menanggungnya? Jika bukan orang licik yang tidak mempunyai rasa takut, pasti takkan melakukan hal serupa ini!

Kelebihan yang dimiliki oleh diri sendiri, ibarat pedagang yang bijak takkan membeberkan harta karun yang disembunyikannya; andaikata mengungkapkannya keluar maka akan mengancam keselamatannya! Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing; yang paling penting adalah menutupi bakat ketrampilan yang dimiliki diri sendiri, mengembangkan kebajikan dan moralitas diri, dengan memperbaiki diri ke arah yang benar, hari demi hari, lama kelamaan moralitas diri barulah dapat sempurna.

Lao-zi berkata bahwa insan yang memiliki moralitas yang agung, wajah mereka akan tampak seperti orang bodoh-bodoh. Di dalam Zhong Yong (Doktrin Jalan Tengah) dikatakan bahwa insan mulia takkan membeberkan keluar jati dirinya, namun keindahan moralitas terkandung di dalam dirinya, lama kelamaan dengan sendirinya keagungan moralitasnya akan semakin jelas tercermin keluar.

Ajaran para insan suci begitu jelas dan dipahami, maka itu kita harus melakukan introspeksi dengan seksama!       
       



集福消災之道
(二十七)


不彰人短,不衒己長。


【解釋】

不要彰揚別人的短處,應該要為他極力的隱瞞;不要衒耀自己的長處,更要韜光養晦,涵養自己的德性。

【分析】

聽到看到別人的短處,就像我們聽到了父母的名稱,耳朵雖然可以聽聞,嘴巴卻是不可以說出來啊!然而嘴巴固然不可以說出來,而耳朵也可以不去聽聞,那麼不就更好了嗎!要知道那一個人沒有缺點呢?如果把別人的缺點彰揚出來,則不免就會傳播出去,減損了他人的聲望,而又墮落了他人的操持,這種的罪過,究竟是誰該負責呢?如果不是肆無忌憚的小人,是絕對不做這種事情的啊!

自己的優點長處,就應該像有智慧的商人一樣,把他的錢財都深藏不露;如果將錢財露出來,就會有危險啊!人生在世,每個人都必定會有他的長處和優點;最重要的是自己要懂得韜光養晦,涵養德性,這樣日新又新,然後才可以成就自己的德行。老子說:「有盛德的人,他們的容貌看起來,往往就像笨笨的樣子。」子思在中庸也講:「君子的為人之道,外表不顯露,而美在其中,久而久之,就自然一天天的彰顯起來。」這些聖人的訓誨,是如此的清楚明白,因此我們都應當要仔細的好好的反省啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)