Jumat, 27 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 21 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 21 ~ Penjelasan


zhèng
huà
rén





Penjelasan :
Meluruskan diri sendiri terlebih dulu, barulah kemudian menasehati orang lain, bersama-sama memiliki niat hati yang baik, bersama-sama melakukan kebajikan.

Analisa :
Pepatah berkata "Sebelum meluruskan orang lain terlebih dulu meluruskan diri sendiri", bila manusia dapat mencerahkan diri sendiri maka tidak ada yang tidak dapat dicerahkannya! Karena apabila seseorang sudah dapat meluruskan tindakannya, maka orang lain akan menghormatinya; dan bila seseorang bisa menghormati orang lain, maka ini berarti dia siap menerima ajaran dan diselamatkan!

Jika sebaliknya menggunakan pandangan salah sendiri lalu pergi menilai kekurangan atau kesalahan orang lain, meskipun memberi kritikan secara halus, orang lain juga takkan sudi menerimanya; bahkan akan berdebat denganmu untuk membenarkan dirinya! Dengan demikian malah akan merusak kebajikan hatinya!

Seringkali ketika menasehati orang lain, selalu memberikan kritikan pedas, bukannya menggunakan upaya kausalya, cara-cara lentur yang bijaksana! Maka itu sebelum meluruskan orang lain hendaknya meluruskan pikiran sendiri terlebih dulu! Karena pikiran adalah majikan atau akar dari segala perbuatan.

Pikiran yang tak tercerahkan akan penuh dengan khayalan, bila pikiran penuh dengan khayalan maka tidak dapat melihat kebenaran dengan jelas, tidak tahu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Maka itu pikiran harus tercerahkan, setelah mencapai pencerahan barulah pikiran bebas dari segala khayalan, barulah dapat melihat kebenaran dengan jelas, inilah cara untuk meluruskan pikiran.

    



集福消災之道
(二十一)


正己化人。


【解釋】

先要端正自己,還要去勸化別人,共同存著善心,共同去作善事。

【分析】

所謂「正人必先正己」,「己身正,不令而行」,而人若是能夠正己,則沒有不能夠正物的啊!因為一個人能夠端正自己的行為,大家都會尊敬他;而人若是知道恭敬的道理,這就是他的心中可以接受感化的地方啊!若在這個人心可以感化的地方,用至誠的心,微微的去感動,自然一撥便能夠轉動,一挑便能夠出現,沒有不接受順從的啊!若是以我的正,去突顯別人的不正,縱然是略微的責備,他也一定是不甘心接受教誨的;而且還會跟你強辯,爭個對錯曲直呢!這樣反而會摧毀了他的善心啊!這也是現在好善之人所患的通病啊!每每在勸化他人的時候,出手太重了;而且固執不知變通,不知道要用善巧方便,這實在是應該要痛切戒絕的毛病啊!所以正己必先要正心啊!因為心為一身的主宰,也是萬行的根本。心若是沒有妙悟,妄想情見自然就生出來;妄想情見既然生出來了,那麼所見的理,就不能夠透澈明白,是非也就錯亂顛倒了。所以治心,必須要求妙悟;悟了之後,則妄想情慮都融為真心了啊!這就是正心的方法。

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)