Jumat, 12 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 41 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 41 ~ Penjelasan


àn
jūn
qīn





Penjelasan :
Terhadap kaisar atau kepala negara serta ayahbunda, seharusnya memiliki kesetiaan dan kejujuran, berbakti dan hormat; jangan malah secara diam-diam mengelabui mereka, melakukan tindakan yang tidak setia dan tidak berbakti.


Analisa :
Ini ditujukan untuk orang yang suka akan popularitas dan orang yang suka berdebat. Negara dan ayahbunda memiliki budi kebajikan kepada diri kita, seperti pula dengan Langit dan Bumi. Jika sudah mengambil gaji dari negara tetapi malah melalaikan kepentingan umum, serakah akan keuntungan dan menerima suap, atau berkhianat, menjilat dan mengelabui, niat begini mana boleh diketahui oleh kaisar atau kepala negara? Inilah yang disebut dengan mengelabui kaisar atau kepala negara!

Tidak tulus dalam memberikan persembahan kepada ayahbunda, tidak jujur dalam memperlakukan orang lain, atau menutupi kesalahan sendiri yang dilakukan pada ayahbunda, niat semacam ini, bagaimana boleh diketahui ayahbunda? Inilah yang disebut dengan mengelabui ayahbunda!       
  
  




集福消災之道
(四十一)


暗侮君親。


【解釋】

對於君王、國家元首、和父母親,應該要忠誠、要孝順、要尊敬;卻反而暗中的欺瞞君親,去做不忠不孝的事情。

【分析】

暗侮君親這句話,是專門為好名之人,以及矯情做作的人而說的。國家和父母,對我們的恩德,就如同天地一樣;如果領了國家的薪水而怠忽了公事,貪圖利益徇私舞弊,或是奸詐阿諛欺上瞞下,這種的存心,怎麼可以讓君王或元首知道呢?這就是暗中欺瞞了君王元首啊!對父母親的奉事供養不誠懇,處事待人不誠實,或掩飾自己對父母違逆的過失;這種的存心,怎麼可以讓父母親知道呢?這就是暗中欺瞞了父母親啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)