Selasa, 02 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 38 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 38 ~ Cerita

è
wèi
néng




Cerita 1 :
Pada masa Dinasti Tang terdapatlah seorang yang bernama Yu Si-xuan, sangat pintar dan licik, Ratu Wu Ze-tian (ratu Dinasti Tang, memerintah dari tahun 690-705) ingin membuat sebuah kotak, dimana masyarakat boleh memasukkan pengaduan tentang rahasia yang memalukan dari orang lain.

Semua pengrajin tidak ada yang bisa membuatnya; hanya Yu Si-xuan yang malah berhasil menciptakannya keluar, bahkan sangat sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh Ratu Wu Ze-tian.

Kemudian ada orang yang memasukkan kertas tulisan yang mengungkapkan rahasia Yu Si-xuan, yakni ketika Yu Si-xuan berada di Yangzhou, dia pernah membuat alat perang untuk Xu Jing-ye, yakni berupa roda pisau yang digunakan di medan perang untuk menabrak pasukan prajurit sehingga banyak prajurit kekaisaran yang gugur karenanya.

Akhirnya Yu Si-xuan dijatuhi hukuman mati.


Cerita 2 :
Pada masa Kaisar Song Hui-zong bertahta, Song Sheng ditugaskan di Kabupaten Zhenghe, dia bertanggungjawab di bagian pendistribusian barang untuk proyek pembangunan di bagian barat, dia pernah berkata pada orang lain : “Proyek ini harus cepat diselesaikan agar saya juga bisa segera mendapat penghargaan dari kaisar”.

Bahan material untuk proyek pembangunan yang memerlukan abu dari tulang sapi tetapi kemudian karena tulang sapi tidak mencukupi; Song Sheng menyuruh orang untuk menggali kuburan guna mendapatkan tulang manusia, lalu dibakar jadi abu, untuk menggantikan abu dari tulang sapi.

Pada saat itu, asistennya yang bernama Yunpan Sunkuang, pernah menasehati dan menghalangi tindakannya, Song Sheng tidak sudi mendengar nasehat Sunkuang, akhirnya Sunkuang terpaksa berpura-pura jatuh sakit dan berhenti dari jabatannya.

Kemudian Song Sheng yang berhasil menyelesaikan proyek dalam waktu singkat, lalu diangkat oleh kaisar sebagai anggota dari kelas menteri senior. Pada waktu itu tiba-tiba dia menderita penyakit aneh, bahkan berbicara sendiri : “ Saya menggali kuburan, menanggung dosa akibat mencuri dan membakar tulang manusia, sepatutnya dijatuhi hukuman mati sekaligus dengan seluruh anggota keluargaku!”. Setelah menyelesaikan ucapannya, lalu muntah darah dan mati; tidak berapa lama kemudian, seluruh anggota keluarga Song Sheng juga mati semuanya.

Sunkuang meninggal dunia akibat sakit, kemudian arwahnya sampai ke Neraka, dia melihat Song Sheng terbaring di atas ranjang besi dan pilar tembaga yang terbakar membara hingga kemerahan, menjalani siksaan hukumannya, sekujur tubuhnya penuh dengan darah.

Sunkuang berjalan ke ruangan aula lainnya, melihat ada hakim neraka, hakim tersebut berkata padanya : “Sunkuang, kamu pernah menghalangi Song Sheng agar jangan membakar tulang manusia, tetapi Song Sheng tidak sudi mendengarnya, lalu kamu meletakkan jabatan dan pulang kampung; kamu sungguh merupakan orang yang memiliki ketetapan hati! Sepatutnya usiamu diperpanjang 12 tahun”.

  Oleh karena itu Sunkuang hidup kembali di dunia, bahkan membagi pengalamannya kepada orang banyak. Ketahuilah bahwa musibah yang paling menyakitkan di dunia ini, tak lain adalah musnahnya seluruh anggota keluarga!

 Song Sheng yang oleh karena pada waktu permulaan timbul niat pikiran serakah untuk memperoleh penghargaan dari kaisar, sehingga melakukan kejahatan besar membakar tulang manusia, tidak berapa lama kemudian ditimpa musibah musnahnya seluruh anggota keluarganya; orang jaman dulu berkata : “Kejahatan timbul dari keserakahan, maka itu loba merupakan akar dari kejahatan; jadi cara untuk menghentikan kejahatan, yang paling penting adalah mengenyahkan ketamakan”. Ini adalah ucapan yang sesesungguhnya.





集福消災之道
(三十八)


以惡為能。


故事一:

唐朝人魚思咺,非常的聰明機巧,武則天想要建造一種匭,專門用來讓人揭發攻訐別人的陰私;所有的工匠,沒有人能做得出來這種匭;但是魚思咺卻能造的出來,而且還很符合武則天的構想。後來有人就把密函投入匭中,揭發魚思咺曾經在揚州,為徐敬業作過刀輪這種的武器,在戰場上專門用來衝撞軍隊的陣地,殺傷了許多朝廷的官兵。魚思咺因此而被判處死罪。

故事二:

宋徽宗的時候,宋昇在政和初年,擔任京西轉運的職務,專門負責修築西內的工程,他曾經對人說:「要趕緊的完成這項工程,就馬上可以得到皇帝的賞賜了。」工程中的材料,每每需要用牛骨來和灰,後來牛骨不夠用;宋昇就命人挖掘無主墳墓的人骨,燒成了骨灰,來取代牛的骨灰。當時他的副手運判孫貺,曾經勸阻他,宋昇不聽孫貺的勸阻,孫貺只好裝病請辭罷官而去。後來宋昇因為能及時的完工,就被皇帝提拔任命為大學士。這時候,他忽然得到了一種怪病,並且還自言自語的說道:「我挖掘墳墓,盜取焚燒人骨的罪孽,應當是要滅門的啊!」說完之後,就吐血而死;沒多久,宋昇全家的人,也都死光了。後來孫貺病死之後,到了陰間,見到宋昇躺在燒紅的鐵床銅柱上受刑,滿身都是血;孫貺又走到另外一個大殿上,見到冥官,冥官就對他說:「孫貺,你曾經勸阻宋昇不要焚燒人骨,宋昇不聽,你就辭官返鄉;你真是一位有心人啊!你應當延壽十二年。」孫貺因此又還陽活了過來,並且還對別人說出了這件事情。要知道天下最慘痛的災禍,莫過於是滅門滅族啊!宋昇當初因為生起了貪圖獎賞的念頭,於是就犯下了焚燒人骨的大惡,沒多久就遭到滅門的慘禍;古人曾說:「惡是因為貪而起,所以貪是惡的根本;因此治惡的方法,最重要的就是去貪了。」這是真話啊!

【再析】

中誡經說:「人若是做了一件的惡事,就會心神不安;做了十件的惡事,就會氣虛體弱;做了二十件的惡事,就會命運坎坷,破財衰敗,凡事都不如意;做了五十件的惡事,就會終其一生沒有配偶;做到一百件的惡事,就會遭遇水災火災,或是橫禍牽引,被判死刑不得好死;做了五百件的惡事,就會絕子絕孫;做了一千件的惡事,家中就會出了叛臣逆子,犯下滔天的大罪,因而滿門抄斬;世代的子孫,都會改變了形體而墮入禽獸當中。要知道積惡到了惡貫滿盈的時候,就會禍及後世的子孫,自己墮入了地獄,還算是輕的處罰呢!每個人都應當將這個教訓時時刻刻牢記在心,自然就不會去造惡了啊!」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)