Senin, 02 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 10 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 10 ~ Penjelasan


yòu
yǒu
sān
tái
běi
dǒu
shén
jūn

zài
rén
tóu

shàng

rén
zuì
è

duó
suàn





Penjelasan :
Ini membahas bahwa sepanjang hidup manusia, baik berjalan, diam, duduk dan berbaring, juga ada Dewa Bintang yang mengawasinya. Dewa Bintang San Tai dan Dewa Bintang Bei Dou, selalu berada di atas kepala manusia untuk mencatat perbuatan manusia, dan menuruti berat ringannya kejahatan yang diperbuatnya, lalu mengurangi usianya.

Analisa :
Dewa Bintang San Tai bertugas mengurus pengurangan usia manusia. Dewa Bintang Bei Dou bertugas mengurus kebajikan dan kejahatan manusia. Di dalam kitab tercantum bahwa tiga inci di atas puncak kepala manusia, jika orang baik maka cahaya di puncak kepalanya bersinar cemerlang; sebaliknya jika orang jahat maka cahaya di puncak kepalanya adalah redup dan gelap.

Jika orang yang melakukan kebajikan besar maka cahaya di puncak kepalanya akan semakin terang; sebaliknya orang yang melakukan kejahatan besar, maka cahaya di puncak kepalanya akan padam dan lenyap; dan cahaya ini tidak tampak oleh sebagian besar manusia awam, tetapi setan dan malaikat dapat melihatnya dengan jelas!   



集福消災之道
()
  
又有三台北斗神君,在人頭上,錄人罪惡,奪其紀算。

【解釋】

這是說人的一身,行住坐臥,都有星神在鑒察著。三台星神、北斗星君,常在人的頭上盤旋,記錄各人所犯的罪惡,並且依照他所犯過惡的輕重,來奪除他的壽命。

【分析】

人的壽命,十二年為一紀,一百天叫一算。三台星神,掌管人的壽夭。北斗星君,掌管人的善惡。又業報因緣經說:「七星之氣,常結為一星,在人的頭上,距離頭頂三寸的地方;若是為善的人,則頭頂現出的光是明亮的;若是做惡的人,則頭頂現出的光是黑暗的。如果做了大善的人,頭頂的光就更加顯得明亮;做了大惡的人,頭頂的光就滅掉沒有了;而這種光,一般人是看不到的,但鬼神則是看得一清二楚啊!」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)