Minggu, 28 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 46 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 46 ~ Penjelasan


zhà
wěi





Penjelasan :
Sikap munafik penuh kepura-puraan, menjebak, menipu, menyamar dan lain sebagainya, untuk membocorkan rahasia dan menunjuk kesalahan orang lain.


Analisa :
Munafik, menjebak, menipu dan menyamar, empat jenis ini bila dipadukan boleh dikatakan sebagai tidak jujur. Niat sedemikian sangat tidak baik, tindakan sedemikian juga amat berbahaya! Orang yang memiliki keempat tabiat ini merupakan orang yang memiliki berkah tertipis di dunia! Maka itu setelah ajalnya berakhir orang ini hanya akan jatuh ke alam binatang, alam setan kelaparan dan neraka.

Tuan Sun Ting-quan dari Dinasti Qing, orangnya amat jujur dan tulus tidak memiliki niat terselubung apapun, maka itu dia dijuluki sebagai “Sun yang jujur”. Akhirnya Sun Ting-quan diangkat jadi perdana menteri! Maka itu menjadi orang yang jujur dan bermoralitas tebal, bagaimana mungkin bisa menyesatkan orang lain?

     
  


集福消災之道
(四十六)


虛誣詐偽。


【解釋】

用虛偽、誣陷、詐騙、欺偽種種的手段,來指責攻擊他人的隱私和過失。

【分析】

漫無根據叫做虛,妄有污衊叫做誣,詭計蒙人叫做詐,矯情欺世叫做偽。這四樣分開來說則是四種;合起來說就是不誠實啊!要知道「誠者,天之道也;思誠者,人之道也。」現在捨棄了誠,而用了虛偽、誣陷、詐騙、欺偽,這樣豈不是違逆了天道而失去了人道嗎?這種的存心,非常的不好,這種的行為,也非常的危險!如果是這種人的話,那就是天下第一等薄福之相的人啊!所以這種人來生不墮入畜牲、餓鬼、地獄三惡道,那會墮到那裡呢?清朝益都的孫廷銓先生,為人非常的樸實誠懇沒有心機,所以清世祖常常稱呼他為孫老實。每次遇到了各部堂員出缺的時候,清世祖總是說:「還是用孫老實吧!」這樣連續的講了三次,而孫老實就當上宰相了!所以為人老實厚道,怎麼會誤了人呢?

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)