Sabtu, 27 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 45 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 45 ~ Penjelasan


bàng
zhū
tóng
xué





Penjelasan :
Terhadap sesama sahabat dan teman sekolah, malah mengelabui dan menfitnah, merusak nama baik mereka.


Analisa :
Sahabat dan teman sekolah sudah bagaikan kakak adik begitu dekatnya; lagi pula hubungan persahabatan merupakan salah satu dari lima jenis hubungan yang beretika moral dalam Ajaran Konfusius, mana boleh malah mengelabui dan menfitnah?

Buddha membabarkan bahwa ada lima jenis tanggung jawab yang harus dipenuhi ketika menjalin pertemanan, yakni yang pertama, andaikata salah satu pihak melakukan kejahatan, maka pihak lainnya harus menasehati agar temannya berhenti melakukan kejahatan.

Yang kedua adalah bila salah satu pihak menderita sakit, maka pihak lainnya harus mengunjungi dan merawat temannya.

Yang ketiga adalah andaikata salah satu pihak telah mengetahui rahasia pihak lainnya, maka tidak boleh menyebarkannya keluar atau mengatakannya pada orang lain.

Yang keempat adalah kedua belah pihak harus saling menghormati dan memuji, jangan sampai jalinan pertemanan terputus, juga tidak boleh  mendendam.

Yang kelima adalah andaikata diantara kedua belah pihak ada perbedaan kaya dan miskin, seharusnya saling mendukung dan membantu, tidak boleh saling menfitnah.

Mungkin ada yang bertanya : “Ketika menjalin pertemanan ternyata menyadari bahwa dia bukanlah orang baik, sehingga ingin memutuskan tali persahabatan dengannya, tetapi juga takut melukai perasaannya; namun jika tidak memutuskan hubungan pertemanan dengannya, ini juga akan menyembunyikan rasa tidak nyaman dalam menjalin persahabatan dengannya!”

Zhu Xi (seorang penulis dan propaganda Konfusianisme yang hidup pada masa Dinasti Song) menjawab bahwa ini bukanlah menyembunyikan rasa tidak nyaman dalam menjalin persahabatan, tetapi bila di dalam hati sudah menyimpan rasa tidak nyaman, tetapi di luar malah menjalin pertemanan dengannya, maka ini barulah disebut menyembunyikan rasa tidak nyaman! Andaikata teman tidak berprilaku baik, maka ikatan persahabatan ini seharusnya menjaga jarak darinya, tetapi harus dijauhi secara perlahan-lahan; andaikata dia tidak memiliki kesalahan yang besar, buat apa menjaga jarak hingga ribuan li? Bahkan asalkan tiada hentinya menggunakan ketulusan hati, pasti dapat menggugahnya sehingga dia dapat sadar!  

Tuan Wang Yang-ming dari Dinasti Ming mengatakan bahwa di dalam jalinan pertemanan, sikap rendah hati dan memberi perhatian merupakan faktor yang sangat penting! Saat berkumpul dengan teman harus saling bersikap rendah hati, saling menghormati dan berlapang hati. Kritikan, peraturan, menunjukkan kesalahan, hal-hal serupa ini haruslah diperkecil, sedangkan memberi nasehat dengan ketulusan dan memuji serta memberi motivasi, hal-hal ini patut diperbanyak!  

Tuan Wen Jie-xiao berkata bahwa dalam menjalin pertemanan haruslah saling mengkagumi kelebihan yang dimiliki, janganlah malah saling mempersoalkan kelemahan yang dimiliki.






集福消災之道
(四十五)


謗諸同學。


【解釋】

對於許多同學朋友,反而妄加的毀謗,破壞他們的名譽。

【分析】

同學和朋友,感情就跟兄弟一樣的親切;況且朋友是五倫當中的一倫,怎麼可以妄加的毀謗,滿肚子存的都是戈矛呢?

佛陀說:「朋友之間相處,彼此都有五種的責任要盡。第一、彼此若是作了惡事,應當要互相的規勸,禁止再作惡事。第二、彼此若是有了疾病,應當要互相的探視照顧調養醫病。第三、彼此若是知道了對方的隱私,不可以向外人說出。第四、彼此應當互相的尊敬讚歎,不要斷了往來,也不可以記怨。第五、彼此若是貧富不相等,應當要扶持幫助,不可以互相的誹謗。」

或有人問道:「跟朋友交往之後,發覺他不善良,想要跟他絕交,又怕傷害到彼此的恩情;不跟他絕交,則又是匿怨而跟朋友交往啊!」朱子回答說:「這不是匿怨而跟朋友交往,是要心中藏有怨氣,而表面上卻與朋友交往,這才是匿怨啊!若是朋友不善良,情義自然是應當要跟他疏遠些,但是也要漸漸的疏遠;若是他沒有很嚴重的過失,何必一定要拒人於千里之外呢?而且只要不斷的用至誠心,一定可以感化他,使他覺悟啊!這就是所謂的,親戚不要失去了做親戚的道理,而朋友也不要失去了做朋友的道理啊!」

明朝的王陽明先生說:「朋友之間的交往,謙沖下懷是非常重要的啊!朋友相會的時候,彼此都應該要虛心謙遜,尊敬的包容對方。大約是勸諫規戒指摘的地方少,而誠懇勸導讚歎鼓勵的地方多啊!」

溫節孝先生說:「交朋友要欣賞對方的長處,不要計較對方的短處。遇到個性剛正強硬的朋友,要忍耐他的戾氣;遇到瀟灑飄逸的朋友,要忍耐他的罔氣;遇到樸實憨厚的朋友,要忍耐他的滯氣;遇到輕佻豁達的朋友,要忍耐他的浮氣;這樣不但能夠得到無數的好處,這也是結交朋友最好的方法啊!」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)