Selasa, 03 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 11 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 11 ~ Penjelasan


yòu
yǒu
sān
shī
shén

zài
rén
shēn
zhōng

měi

dào
gēng
shēn

zhé
shàng
tiān
cáo

yán

rén
zuì
guò





Penjelasan :
Ada pula Tiga Malaikat Jasad, tinggal di dalam tubuh manusia, setiap pikiran, ucapan dan tindakan yang diperbuat, takkan dapat mengelabui Tiga Malaikat Jasad; setiap tiba hari peradilan, dimana para Dewa akan mengambil keputusan atas perbuatan baik dan jahat manusia, maka Tiga Malaikat Jasad akan naik ke pintu gerbang Langit untuk menyampaikan laporan perbuatan manusia.

Analisa :
Ini membahas tentang sehalus apapun niat pikiran manusia, juga ada malaikat yang sedang mengawasinya. Malaikat Jasad Bagian Atas yang bernama Peng Ju, tinggal di bagian kepala manusia, Dia akan mengakibatkan manusia jadi banyak berpikir, banyak khayalan, penglihatan jadi buram dan rambut jadi rontok.

Sedangkan Malaikat Jasad Bagian Tengah yang bernama Peng Zhi, tinggal di bagian lambung manusia; Dia akan mengakibatkan manusia jadi suka makan dan minum sehingga lupa kerja, dan suka melakukan karma buruk.

Malaikat Jasad Bagian Bawah yang bernama Peng Jue, tinggal di bagian kaki manusia, dia dapat mengakibatkan manusia suka pada nafsu indria dan melakukan pembunuhan, sehingga tangan, kaki serta organ tubuh manusia terasa tidak nyaman.

Ketika hari peradilan tiba, Tiga Malaikat Jasad akan naik ke pintu gerbang Langit untuk menyampaikan laporan perbuatan manusia. Segala pikiran, ucapan dan tindakan manusia, Tiga Malaikat Jasad yang paling mengetahuinya dengan jelas.

Orang jaman kini tidak tahu melakukan introspeksi diri, mengendalikan diri sendiri, menyingkirkan nafsu keinginan dan ambisi dari pikiran sendiri; dan malah ingin menggunakan metode dalam Aliran Tao, mengira dengan demikian dapat memutuskan jalan Tiga Malaikat Jasad untuk menuju pintu gerbang Langit untuk menyampaikan laporan; tindakan ini hanya akan sia-sia dan untuk mengelabui diri sendiri saja; patut diketahui bahwa asalkan hati kita terang dan benar, maka setan dan malaikat dengan sendirinya akan menghindar dan menjauh; demikian pula dengan Tiga Malaikat Jasad juga akan menghindar dan menjauh.    
  



集福消災之道
(十一)

又有三尸神,在人身中。每到庚申日,輒上詣天曹,言人罪過。

【解釋】

又有三尸神,住在人的身體裡面,凡是人的心、口、意、語,總是瞞不過三尸神的;每到了庚申日,也就是天神決斷人善惡的這一天,三尸神就上到天帝的衙門,據實的報告人的罪過。

【分析】

這是說人的一心,幾微萌動,都有神明在鑒察著。上尸神青姑,名叫彭踞,居住在人的頭部,祂會令人多思考、多欲望,使得人的眼睛昏花,頭髮掉落。中尸神白姑,名叫彭躓,居住在人的腸子裡;祂會令人喜歡飲食多忘事,而且喜歡作惡事。下尸神血姑,名叫彭蹻,居住在人的腳裡面,祂會令人好色喜歡殺生,使得人的手腳四肢和五臟六腑擾動不安。三尸神的所作所為,目的就是在使人快些死亡,這樣祂們好出去作鬼,享受血食的祭拜;所以在庚申日的這天,就乘著人熟睡的時候,與身體中的七魄,共同上到天帝的衙門,訴說人的罪過。所謂人的心、口、意、語,所發出的音聲,在鬼神之中,三尸神聽得最清楚了。現在的人,不知道自我檢討,克制自己,清心寡欲;而徒然想依靠著道家的守庚去申的方法,以為這樣,就可以斷絕了三尸神上到天帝衙門去告狀的這條路;這種作法,只是徒然的自己欺騙自己而已。要知道只要自己心地光明正大,鬼神自然就退避了;三尸神又有什麼值得憂慮的呢?宋朝程子所做的霄詩也講道:「不守庚申更不疑,此心常與道相依。帝天已自知行止,任爾三彭說是非。」

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)