Senin, 02 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 8 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 8 ~ Penjelasan


è
xīng
zāi
zhī




Penjelasan :
Makhluk halus yang jahat dan bintang mencekam, bersamaan menurunkan malapetaka kepada orang jahat. 

Analisa :
Bintang jahat adalah Dewa Langit yang bertugas mengurus bencana dan malapetaka di dunia manusia. Harus diketahui bahwa manusia di dunia ini, setiap saat diawasi oleh cahaya bintang. Orang yang berbuat jahat, oleh karena hatinya selalu berada dalam kegelapan, hawa gelap mengalir keluar dari dalam tubuhnya, dengan sendirinya dengan kejahatan mengundang kejahatan, maka itu makhluk halus yang jahat dan bintang yang mencekam akan tiba di atas kepalanya, malapetaka juga akan ikut datang menimpanya.

Sebaliknya insan yang melakukan kebajikan, oleh karena hatinya terang dan bercahaya, sehingga hawa jahat perlahan akan mundur dan lenyap, makhluk halus yang jahat dan bintang mencekam akan cepat-cepat menghindar dan menjauh dari dirinya, bagaimana mungkin bisa menjatuhkan petaka pada dirinya?

Ah! Justru oleh karena perbuatan jahat sendiri maka makhluk halus jahat dan bintang mencekam barulah dapat menurunkan bencana dan petaka pada dirinya! Sesungguhnya musibah bukanlah diturunkan oleh makhluk halus jahat dan bintang mencekam pada dirinya, tetapi dia sendiri yang mengundangnya! Juga bukanlah makhluk halus jahat dan bintang mencekam itu adalah tidak baik, tetapi diri sendirilah yang tidak baik! Setelah mengetahui kebenaran ini, mana boleh manusia tidak merasa takut, sepatutnya memperbaiki diri ke arah yang benar, membangkitkan kembali hati nurani diri sendiri!       




集福消災之道
()

惡星災之。

【解釋】

惡煞凶星,也同時降下了災殃給做惡的人。

【分析】

惡星,是天上掌管人間一切災禍厄難的神。要知道人生在這個世間,每一天乃至於每一個節氣,都是屬於星光在主攝著。造惡的人,因為心常昏暗,身上的黑氣上沖,自然就會以惡召惡,所以惡煞凶星降臨到他的頭上,災禍也就跟隨著而來。若是行善的人,因為心地光明,則惡的氣氛漸漸的退散,惡煞凶星避他都來不及了,怎麼會降給他災禍呢?唉!實在是人自己造的孽,惡煞凶星才會降給他災禍啊!實在來講,災禍並不是惡煞凶星降給他的,而是他自己招來的啊!並不是惡煞凶星不好,而是自己不好啊!知道了這個事實以後,人怎麼可以不畏懼,修正反省自己的過失,以挽回天心呢!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)