Kamis, 05 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 14 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 14 ~ Penjelasan


guò
xiǎo
yǒu
shù
bǎi
shì

qiú
cháng

shēng
zhě

xiān
zhī




Penjelasan :
Besar kecilnya perbuatan jahat itu ada yang besar dan ada yang kecil, jumlahnya sekitar beberapa ratus jenis banyaknya, setiap insan yang ingin memohon umur panjang, maka harus menghindari seluruh perbuatan jahat!

Analisa :
Dewa Taishang mengajari manusia untuk menghindari kejahatan, di sini dikatakan ada beberapa ratus jenis. Pengurangan usia yang dibahas di depan, tujuannya adalah agar manusia dapat bermawas diri; sekarang membahas tentang penambahan usia, tujuannya adalah agar manusia tahu mengkagumi, berani untuk memperbaiki diri dan mengamalkan kebajikan; meskipun hanya kesalahan kecil juga tidak berani dilanggarnya, maka pasti akan memperoleh pahala umur panjang.

Apalagi bagi seorang pembina diri, dengan menimbun kebajikan untuk mengembangkan moralitas diri. Andaikata ingin menimbun kebajikan dan memperbaiki diri, maka harus memahami ajaran kebenaran; jika ingin memahami ajaran kebenaran maka harus mengenali hati sendiri.

Maka itu praktisi yang dapat mengenali hatinya sendiri dan memahami ajaran, takkan membiarkan tubuh kasarnya menyeret jiwa sejatinya, takkan membiarkan karena keadaan luar sehingga mengacaukan hatinya, dengan sendirinya akan memahami pula kebenaran tentang tidak muncul dan tidak lenyap, inilah ajaran kebenaran!

Masa sekarang orang-orang yang memohon panjang umur, hanya mengandalkan cara-cara yang tidak benar, menempa pil panjang umur dan sebagainya, cara yang tidak benar ini adalah cara aliran luar yakni mencari kebenaran di luar hati!





集福消災之道
(十四)

其過大小有數百事,欲求長生者,先須避之。

【解釋】

這些大的小的罪過惡業的事情,有幾百種之多,凡是想求長生的人,必須先要避免這些罪過惡業啊!

【分析】

這是太上教人先從避免犯過做起,這裡所講的幾百件,就是篇中所列舉的,從「非義而動」,到「死亦及之」的所有過惡。前面說的奪壽,是教人知道有所警惕;現在又說長生,是教人知道有所欣慕,勇於改過行善;雖然是小小的過失,也不敢犯,就必定會得到長生的善報了。

尤其是學道的人,都是以積善、培養自己的道德為根本的行持。在儒家來講,稱為四端百行;在佛門,則稱為六度萬行;在道家來說,就是三千功、八百行。這些都是積善避惡的說法。然而想要積善改過,則莫先於體會至高的妙道;若是想要體會至高無上的妙道,則莫若明夫本心;因為心是道的本體,而道則是心的作用。人若是能夠察心觀性,則圓明之體,自然現前;無為之用,自然成就;不須假藉任何的功夫,就能夠頓超彼岸。這若不是修到了心鏡朗然,神珠廓徹的功夫,怎麼能夠使得諸想頓離,纖毫都不被染著;而心源自在,決定無生呢?所以明心體道的修行人,不會以身體而牽累其本性,不會因為外面的境界而亂了自己的真心,能夠在隨機應物的當中,自然就會存有不生不滅的道理,這就是所謂的無上至真的妙道啊!而現在求長生的人,只是徒然依恃著藏精伏氣、鍊藥燒丹的方法,便說是真仙可遇,他們不知這些都是外道,心外求法啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)