Rabu, 28 Januari 2015

Gan Ying Pian Bgn 5 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 5 ~ Penjelasan


rén
jiē
è
zhī


  


Penjelasan :
Setiap insan membenci pelaku kejahatan!

Analisa :
Di dalam Kitab Yu Shu tercantum bahwa manusia yang tidak berbuat kebajikan, maka Langit pasti akan menghukum rohnya sehingga dia selalu kebingungan, akibatnya dibenci dan diabaikan orang lain

Hari ini membenci orang lain menindas diriku, bagaimana dia bisa mengetahui bahwa ini adalah hukuman dari Langit pada rohnya, sehingga seringkali bertemu rintangan dan dibenci orang lain! Hari ini beruntung telah mengetahui hal ini, maka sepatutnya bertobat dengan setulusnya dan memperbaiki diri ke arah yang benar; Hati Langit adalah welas asih dan pemaaf, takkan menghukum orang yang sudah bertobat; maka dia masih dapat diselamatkan dari dosanya, sejak itu harus kembali ke jalan yang benar, maka masa depannya akan cemerlang, jadi janganlah berputus asa!

Lalu mengapa pelaku kejahatan akan dibenci orang? Oleh karena di setiap hati manusia mengandung rasa keadilan, juga karena hati nurani manusia yang bajik, yang memang dimiliki oleh setiap manusia sejak awal! Namun semoga setiap insan dapat mengembangkan sebersit niat ini, ketika melihat prilaku bajik orang lain, maka diri sendiri harus segera mengembangkan prilaku bajik ini agar jangan sampai ketinggalan di belakang orang lain, sebaliknya bila melihat prilaku buruk orang lain, maka ibarat tangan menyentuh sup yang panas, begitu menakutkan; dengan demikian dapat memotivasi diri sendiri, melatih diri hingga hanya ada kebajikan tanpa kejahatan.

Andaikata hanya membenci prilaku buruk atau kejahatan orang lain, tetapi tidak mengenyahkan kejahatan diri sendiri, maka bagaimana pula bisa mengenyahkan kebencian orang lain pada diri sendiri!   




集福消災之道
()

人皆惡之。

【解釋】

人人都討厭造作惡事的人啊!

【分析】

玉樞經上說道:「人若是不修善業,上天必定會斬他的神,攝他的魄,使他神魂顛倒,被人所厭惡,為人所嫌棄!」今天恨別人欺負我的人,怎麼會知道,這是上天斬攝了他的神魂,使他處處碰壁而為人們所厭惡啊!今天有幸知道了這個事實,就應當洗心革面,改惡向善;那麼天心是仁慈寬恕的,是不責罰懺悔改過之人的;所以從前所犯的罪過,是可以救贖的,從此改過遷善,那麼前途仍然是一片光明。所以無論是生而知之,或是困而知之,只要是改過遷善,他的成功則是一樣的,希望千萬不要自暴自棄啊!

而做惡事的人,為什麼會令大家討厭呢?這是因為公道自在人心,也是因為良心本善,良知是人人本來就具有的啊!但是盼望大家推此一念,見到了善,就如同怕落到別人的後面一樣;見到了不善,就如同用手去探熱湯一樣的可怕;如此就可以自我勉勵,修到了有善無惡的境界。若只是徒然的討厭別人的惡,而卻不除去自己的惡,這樣又怎麼能夠免除自己被別人所厭惡呢!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)