Minggu, 01 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 7 Penjelasan



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 7 ~ Penjelasan


qìng
zhī





Penjelasan :
Kesejahteraan dan kegembiraan akan menjauhinya.

Analisa :
Patut diketahui bahwa Hukum Langit tidak mengenal orang dekat atau orang asing, memperlakukan semuanya dengan adil dan setara, hanya mengenal insan bajik, Hukum Langit senantiasa melindungi dan dekat dengan orang yang baik hatinya.

Apabila manusia dapat melenyapkan kejahatan dan berbuat kebajikan, mawas diri, mematuhi Hukum Alam, maka dengan sendirinya kala diam atau hening, hatinya akan selaras dan harmonis dengan Hukum Alam; saat bergerak, maka tindakannya akan saling terjalin dengan kesejahteraan dan kegembiraan.

Andaikata ada orang yang pikiran maupun tindakannya berlawanan dengan Hukum Langit; maka yang dapat kita lihat adalah dia akan sulit untuk terlepas dari hukuman di dunia ini, sedangkan yang tidak dapat kita lihat adalah dia juga akan dihukum oleh setan dan malaikat.

Maka itu orang jahat dikurangi umurnya oleh setan dan malaikat, pendek umur dan menemui ajal; kesejahteraan dan kegembiraan segera menjauhinya, malapetaka dan hukuman segera membuntutinya, semua ini merupakan hal yang tak terhindarkan!     






集福消災之道
()

吉慶避之。

【解釋】

吉祥和喜慶,都遠遠的避他而去。

【分析】

要知道「天道無親,惟親善人」,人若是能夠去惡為善,恭慎自己,順應天理,自然在靜的時候,心就會與天道相合;在動的時候,行為就會與吉祥喜慶相遇了。如果有人的心行與此相反;那麼我們看得到的,就是他難逃世間的刑罰,看不到的,則是他被鬼神的責罰。所以惡人被鬼神減除壽算,短命而死;吉祥和喜慶,也都遠遠的避他而去,而橫禍和刑罰,就都跟隨而來,這是必然免不了的啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)