Minggu, 28 Juni 2015

Gan Ying Pian Bgn 48 Cerita



Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 48 ~ Cerita


gāng
qiáng
rén






 Cerita 1 :
Bao Zheng (999-1062) dari Dinasti Song, yakni yang tersohor di kalangan masyarakat sebagai Bao Qing-tian atau Hakim Bao, mengemban tugas sebagai hakim di Kaifeng (ibukota dari Dinasti Song Utara), tabiatnya keras hati dan tidak mengenal kata menyerah, andaikata bawahannya menyampaikan padanya ucapan yang tidak beralasan, dia akan langsung menyanggahnya; sebaliknya bila ucapan bawahannya beralasan, dia juga akan menerimanya dengan wajah ramah dan memperbaikinya. Maka itu semua orang merasa amat salut padanya.

Patut diketahui bahwa orang yang keras hatinya namun juga memiliki aturan dan beralasan, ketika menemui masalah dapat menyelesaikannya dengan bijak, inilah yang disebut dengan keberanian yang penuh kebajikan!

       
 Cerita 2 :
Zhang Ru-qing dari Dinasti Song, ketika mengemban tugas di dalam penjara, setiap kali mengadakan pemeriksaan dan mengajukan pertanyaan pada napi, tak peduli napi tersebut sedang menjalani hukuman berat atau ringan, dia juga akan menambahkan semua jenis hukuman kepada setiap napi.

Kemudian setelah masa jabatannya di dalam penjara berakhir, dia pulang ke kampung halamannya. Ketika perahu yang dia tumpangi singgah di Kabupaten Gaoyou, pada malam harinya dia bermimpi ada beberapa ratus orang yang dengan kepala yang pecah dan kaki yang terputus, datang mengelilinginya, lalu meminta pelunasan hutang nyawa padanya.

Setelah tiba di rumahnya, Zhang Ru-qing pada siang bolong melihat iblis, lalu darah mengalir keluar dari tujuh lubang tubuhnya dan tewas seketika.          




集福消災之道
(四十八)


剛強不仁。


故事一:

宋朝的包拯,也就是民間所稱的包青天,擔任開封府的府尹,他的性情剛毅而不屈服,部屬向他報告的事情,不合情理的話,他就當面予以駁斥;若是部屬講的有道理,他也會和顏悅色的接受而改正。因此大家都對他感到十分的佩服。要知道剛強而又講理,遇事又能果斷,這就是仁者之勇!

故事二:

宋朝張汝慶,在他做提刑的時候,每次審問囚犯,不管囚犯所犯的罪是輕或是重,他都把所有的刑罰,全都加諸在犯人的身上一遍;而且還稱它做「打一套」;而接受訊問的囚犯,則稱張汝慶為「閻羅催到」。後來他提刑的任期做滿之後,返回家鄉;當他乘的船,停在高郵的那天晚上,他夢到好幾百個頭破腿斷的人,圍繞著他,在向他索命。回家以後,張汝慶竟然在大白天,看到了厲鬼,於是就七竅流血而死。

【再析】

剛強狠戾的人,都不得好死,這種道理,固然不需再說;然而他們死了之後,墮在三惡道裡面,不知道要經過多少的時間,才能夠脫離啊!所以看到張汝慶的例子,再推想他死後所受的果報,那麼一切剛強狠戾的人,也應該要覺醒了啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)