Minggu, 01 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 7 Cerita




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 7 ~ Cerita


qìng
zhī





Cerita :
Pada jaman dahulu kala ada seorang insan terpelajar yang bernama Wang Sheng, hatinya jahat dan licik; apa yang dilakukannya, juga bertentangan dengan Hukum Langit. Suatu kali dia mengikuti ujian tingkat provinsi, karya tulisnya sangat bagus, saat itu pejabat pelaksana ujian yang bernama Fang Shi berniat menempatkan namanya di rangking teratas; tetapi ketika pengumuman hasil ujian hendak diumumkan, mendadak kertas ujian Wang Sheng hilang, ketika hasil ujian sudah selesai diumumkan, barulah kertas ujian Wang Sheng mendadak melayang keluar dari lengan baju Fang Shi; oleh karena hal ini, Fang Shi merasa amat menyesalinya, maka itu diam-diam dia bertemu dengan Wang Sheng, bahkan berjanji pada Wang Sheng, begitu ada kesempatan maka dia akan mencari lowongan kerja yang bagus di kekaisaran untuk menebus kesalahannya pada Wang Sheng.  

Tidak lama kemudian, Fang Shi dipindahtugaskan  di bidang narasi, Wang Sheng jadi kehilangan kesempatan untuk dapat bergabung menjadi pejabat pemerintah. Menanti musim ujian tiba, Wang Sheng kembali mengikuti ujian, kebetulan Fang Shi kembali menjadi panitia pelaksana ujian, Fang Shi yang bersua kembali dengan Wang Sheng, merasa amat bersukacita; maka itu secara diam-diam dia berpesan pada Wang Sheng; dia akan berusaha mencarikan lowongan yang menggiurkan buat Wang Sheng.

Namun sayangnya lagi, tidak berapa lama kemudian, ayah Fang Shi meninggal dunia dan menurut peraturan yang berlaku pada jaman tersebut, Fang Shi harus pulang kampung dan menjalani masa perkabungan selama tiga tahun. Usai menjalani masa perkabungan, Fang Shi diangkat lagi menjadi pejabat kekaisaran, tetap ditugaskan di bagian pelaksana ujian; dan Wang Sheng yang pada saat itu usianya sudah tidak muda lagi, akhirnya berhasil menjadi pejabat meskipun hanya dengan pangkat rendah, namun dengan gaji sebesar sepuluh ribu tael emas dia dapat melewati kehidupan yang lumayan!  

Tetapi beberapa hari kemudian, ibunda Wang Sheng meninggal dunia, Wang Sheng harus pulang kampung menjalani masa perkabungan selama tiga tahun lamanya. Setelah melewati berbagai halangan, Fang Shi merasa amat prihatin dengan nasib Wang Sheng yang berliku-liku, lalu dia memperkenalkan Wang Sheng kepada Inspektor Jenderal Provinsi untuk dijadikan guru les bagi keluarganya, selama tiga tahun dia juga bisa memperoleh gaji seribu tael emas. Tetapi belum sebulan pekerjaan ini dia tekuni, Inspektor Jenderal tersebut telah turun dari jabatannya.

Sepanjang hidupnya Wang Sheng beberapa kali bertemu dengan hal-hal yang istimewa, namun itu hanya berupa vas porselen yang hanya dipajang dan dipandang saja. Di dalam hatinya, Wang Sheng sungguh merasa tidak adil, maka itu dia jatuh sakit, terbaring di tempat tidur selama tiga tahun; suatu hari mendadak dia jadi tersadar, dia berkata : “Ini dikarenakan dalam keseharian saya menimbun kejahatan, inilah akibat yang harus diterima!” Kemudian penyakit Wang Sheng yang oleh karena pertobatannya dan kembali ke jalan yang benar, jadi sembuh, kemudian Wang Sheng melakukan kebajikan seumur hidupnya.





集福消災之道
()


吉慶避之。


故事:

從前有位讀書人叫王生,他的心陰險而狡詐;所做的事情,也都違背了天理。有一次他參加秋試,文章作的很好,當時的主考官房師,想要將他名列前茅;但是等到填榜的時候,忽然王生的考卷不見了,等到填榜完畢,王生的卷子,才從房師的袖子裡面掉了出來;房師因而感到十分的後悔,就秘密的和王生見面;並且答應王生,遇有機會,再以其他的缺額來補償他。這件事情過後沒多久,房師就轉到詮敘單位任職。王生也就因為輸粟入了成均。等到王生再度赴考,房師正好就在考選司任職;房師見到王生,大為歡喜;就密密的交待,挑選一個美缺,借著恩例與選的機會留給王生。可是到了恩例與選的期間,房師卻因為父親過世,而必須暫時的離職返鄉守孝。這樣過了三年,房師守孝完畢,又再被朝廷起用,仍然是補了選司職位的官;而王生這個時候,也因為年資已深,而應當被選中派官任用;萬兩黃金的薪資,也是指日可以得到的啊!但是沒幾天,王生卻以母親過世,必須請喪假在家守孝。經過這麼許多的波折,房師可憐王生實在是命窮,就把王生推薦給巡撫大人當家庭老師,三年之中,也可以領到千兩黃金的薪資。但是此事還沒有滿一個月,巡撫大人竟然因為舊事而丟官了。王生的一生,屢次都有奇遇,但是卻都成了畫餅。王生心裡感到十分的不平,因而生了一場大病,躺在病床上三年;有一天王生突然的覺悟,他說:「這都是因為我平日積惡的關係,所造成的惡果啊!」後來王生的病,因為懺悔改過而逐漸的痊癒了,因此王生就終生的行善。

【嘉言】

薛西原先生曾說:「天地間的福祿,若不是存些憂勤惕勵的心,福祿是聚他不來的;若是不做些濟人利物的事,福祿是無法相配的。」這句話真是有道理啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)