Senin, 30 Maret 2015

Gan Ying Pian Bgn 22 Penjelasan




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 22 ~ Penjelasan


jīn
guǎ

jìng
lǎo
huái
yòu





Penjelasan :
Mengasihani anak yatim piatu, harus berusaha mendidik dan memeliharanya, membantunya agar meraih keberhasilan dalam karirnya; mendukung janda, berusaha melindunginya, membantu meringankan beban hidupnya; menghormati lansia, supaya mereka dapat melewati hari tua dengan layak dan damai; menyayangi anak kecil, supaya mereka memperoleh pendidikan dan perlindungan.

Analisa :
Anak yatim piatu dan janda merupakan insan yang tidak beruntung dalam kehidupan manusia, bila telah menjadi anak yatim atau janda, apalagi ditambah keadaannya miskin, maka ini lebih memprihatinkan, dikhawatirkan tidak sanggup bertahan hidup!

Maka itu dalam memberi bantuan, hendaknya mengutamakan anak yatim piatu dan janda. Mendiang ayahbunda dari anak yatim piatu atau mendiang suami dari janda, akan sangat berterimakasih!  

Lansia dan anak-anak merupakan tahapan yang pasti dilalui oleh setiap manusia, dalam kurun waktu tersebut apabila keadaannya miskin dan sakit-sakitan, maka akan sangat sengsara, untuk bertahan hidup merupakan hal yang tidak mudah!

Maka itu Kaisar Zhou Wen yang juga merupakan insan suci, target utamanya dalam memberi bantuan tak lain adalah yatim piatu, sedangkan bagi Konfusius, tak lain adalah lansia yang kurang mendapatkan perhatian.

Apa alasannya? Tujuannya adalah untuk membangkitkan hati bajik setiap insan. Apalagi kebajikan yang harus dilakukan itu ada banyak sekali, lagi pula sulit untuk melakukannya hingga sempurna; bagi orang yang tidak memiliki uang yang cukup, maka harus memiliki niat, menyumbangkan tenaganya; sedangkan orang yang mempunyai uang, maka harus bersungguh-sungguh mengasihani dan memelihara anak yatim piatu, memberi perhatian pada lansia dan anak-anak, tidak boleh berkata : “Asalkan saya memiliki niat maka ini sudah cukup”, ini adalah kata tolakan yang tidak bertanggungjawab!   







集福消災之道
(二十二)


矜孤恤寡,敬老懷幼。


【解釋】

矜哀憐憫孤兒,要盡力的教養他,成就他終身的事業;撫恤寡婦,要盡力的保護她,成就她一生的貞節;尊敬老人,使他們得到尊養和安寧;愛護年幼的孩子,使他們得到撫育和保護。

【分析】

孤兒寡婦都是人生的不幸,若是成了孤兒寡婦,而且又貧窮,那就更慘了,恐怕連性命都難保啊!所以佈施恩惠,把孤兒寡婦列為最優先的對象。孤兒的父母,寡婦的先生,就是在冥冥之中,也都會感恩不盡啊!老年和幼年,為人生所必需經歷的,這時候若是貧窮疾病,那就更苦了,存活下去,恐怕都不容易啊!所以古代的聖王周文王,他的施政重點,不過就是「哀此煢獨」,孔夫子的志向也不過是說:「老安少懷。」這是什麼緣故呢?目的就是要使人的善心容易生出來啊!而要做的善事實在太多了,而且也很難做的圓滿;沒有財力的人,固然應當盡自己的心,量力而為;而有財力的人,就應當著著實實的做出矜憫撫恤的事情,親親切切的做成敬老懷幼的工夫,不可以說:「我只要有這分心就可以了」,這是不負責任的推拖之詞啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷二)