Minggu, 01 Februari 2015

Gan Ying Pian Bgn 6 Penjelasan




Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal
Bagian 6 ~ Penjelasan


xíng
huò
suí
zhī





Penjelasan :
Hukuman dan malapetaka juga akan mengikutinya.

Analisa :
Guru spiritual Aliran Tao, Tai Xu berkata : “Andaikata orang lain melimpahkan petaka kepada diriku, maka saya akan membalasnya dengan berkah kebajikan; bila dapat melakukannya sedemikian, maka hawa kebajikan akan senantiasa mengalir keluar dari diriku; sedangkan hawa jahat (malapetaka) dengan sendirinya akan mengalir keluar dari orang jahat”.

Di sini dibahas tentang hukuman dan malapetaka pasti mengikuti orang jahat, oleh karena hawa jahat selalu berada bersama orang jahat, maka hukuman dan malapetaka pasti membuntutinya!

Di dalam Avatamsaka Sutra tercantum bahwa para makhluk di Jambudvipa adalah berada di dalam dunia yang dipenuhi oleh penderitaan dan lima kekeruhan! Para makhluk di dunia ini tidak sudi melatih Dasa Kusala Karma (sepuluh kebajikan), malah sebaliknya melakukan kejahatan, melakukan pembunuhan, pencurian, asusila, berbohong, mengucapkan kata-kata merayu atau membujuk, mengucapkan kata-kata kasar, mengadu domba atau menfitnah, keserakahan, kebencian, pandangan sesat, tidak berbakti pada ayahbunda, tidak menghormati Triratna, saling memarahi dan bersaing, saling menfitnah dan menghina, berbuat sesuka hati, melakukan pelanggaran, oleh karena alasan inilah sehingga mengundang kalpa peperangan, bencana kelaparan, wabah penyakit, maut,  bencana alam, musibah dan berbagai pembalasan lainnya”.

Dari sini dapat dilihat bahwa apa yang diterima adalah hasil perbuatan sendiri, bukanlah ditentukan oleh orang lain! Untuk mengundang kesejahteraan dan menjauhi petaka, pasti ada dalam sebersit niat pikiran, demikian pula surga dan neraka dapat muncul di hadapan mata kita. Insan yang benar-benar mengamalkan Dasa Kusala Karma tentunya takkan memperoleh balasan yang tidak baik!       
     

  


集福消災之道
()

刑禍隨之。

【解釋】

刑罰和災禍,也就跟隨而來。

【分析】

太虛真人說:「別人若是將災禍轉嫁給我,那麼我就以福德來回報他;如果能夠這樣做,則福德之氣,始終都是從我這裏出來;而害氣重殃,自然就從惡人那裡生出來。」這裡說到刑罰災禍跟定了惡人,就是因為害氣重殃常在惡人的身上,所以刑罰災禍才跟定他啊!

華嚴經說:「南閻浮提世界的眾生,是處在五濁的惡世之中啊!這個世界的眾生,不肯修十善業,而且專門在造惡業,殺生、偷盜、邪淫、妄言、綺語、惡口、兩舌、貪、瞋、邪見、不孝順父母、不恭敬三寶,更相的忿怒爭鬥,互相的毀謗污辱,任情的起見,非法的謀求,由於這些的因緣,而感召到了刀兵、饑荒、疾病、死喪、天災、人禍種種的報應。」由此可見,總是自作自受,自食惡果,全部是自己招來的,並不是由於他人造作的啊!然而趨吉避凶,決定在當前的這一念心,而天堂地獄也就會現在眼前了。若是果然有人真實的在修十善業,而卻得到了惡報,決定沒有這種的道理啊!

節錄自:
集福消災之道—感應篇彙編白話節本(卷一)